17 TKI Illegal & 3 ABK Termasuk Tekong Diamankan Lanal TBA

www.negaraonline.com, Tanjung Balai – Diperairan Tanjung Balai Asahan Kuala Bagan Asahan, pada Koordinat 03° 07.340’ U – 99° 52.510’ T, Tim F1QR Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA), berhasil mengamankan 1 Unit Kapal Motor dengan nama KM Kasih Ilahi (sesuai dengan yang tertulis di bangunan kapal dan pengakuan Nakhoda) yang berlayar tanpa dilengkapi dokumen, didalamnya terdapat 20 orang yang terdiri dari 3 orang ABK kapal terdiri dari 1 Nakhoda dan 2 ABK serta 17 orang TKI diduga Illagal terdiri dari 14 orang pria dan 3 wanita, Senin (22/10).

Hal ini disampaikan Komandan Pangkalan TNI AL Tanjung Balai Asahan (Danlanal TBA) Letkol Letkol Laut (P) Ropitno M.Tr Hanla didampingi Pasops Kapten Laut (P) Bentar, Pasintel Kapten Laut (E) Samsul, saat dikonfirmasi, Senin (22/10) sekitar pukul 22.30 WIB.

Dikatakannya, penangkapan tersebut berdasarkan pengembangan informasi yang di peroleh Tim F1QR Lanal TBA, mengenai aktifitas kapal pembawa TKI Ilegal yang rencananya kapal tersebut akan masuk ke Tanjung Balai.

Mendapat laporan tersebut, Komandan memerintahkan Pasops dengan Patkamla Sea Rider melaksanakan patroli rutin atau pengawasan melekat diseputaran perairan Tanjung Balai Asahan.

Alhasil, Patkamla Sea Rider milik Lanal TBA melihat sebuah boat atau kapal kayu yang mencurigakan, sehingga mendekati dan melaksanakan pemeriksaan terhadap kapal kapal mencurigakan yang melintas di Perairan Tanjung Balai Asahan.

Dititik koordinat 03° 07.340’ U – 99° 52.510’ T Patkamla Sea Rider menemukan Kapal Motor (KM) yang bertuliskan Kasih Ilahi, saat dicek personil TNI AL berhasil menemukan didalamnya berisikan manusia atau penumpang yang diduga TKI Ilegal dari Malaysia dengan tujuan Tanjungbalai sebanyak 17 orang, tanpa memiliki dokumen yang lengkap, Ucapnya.

Komandan Patkamla melaporkan kepada Pasops yang kemudian di teruskan ke Komandan Lanal TBA, yang selanjutnya memerintahkan, untuk menggiring KM Kasih Ilahi beserta 3 orang ABK dan 17 orang (14 pria & 3 wanita) yang diduga TKI Ilegal ke dermaga Posmat Bagan Asahan guna dilaksanakan pemeriksaan lanjutan, Jelasnya.

” Kapal Motor Kasih Ilahi tiba di dermaga Posmat Bagan Asahan dan dilaksanakan pemeriksaan serta pengeledahan bangunan kapal dengan hasil tidak di temukan barang barang terlarang. Sedangkan 3 orang ABK dan 17 orang (14 pria & 3 wanita) yang diduga TKI Ilegal di bawa ke Mako Lanal TBA guna pemeriksaan lebih lanjut dan dilaksanakan penggeledahan terhadap barang barang bawaan dengan hasil juga tidak ditemukan barang-barang terlarang “, Sebutnya.

Setelah mendata seluruh para penumpan, rencananya akan menyerahkan ke 17 orang yang terdiri 14 orang pria dan 3 orang wanita diduga TKI Ilegal ke pihak Imigrasi Tanjung Balai Asahan, sedangkan ke 3 ABK kapal terdiri dari 1 Nakhoda dan 2 ABK sedang dilakukan pemeriksaan intensif pihak Lanal TBA,” Sabar bang, lagi proses penyidikan intensif “, Pungkasnya menutup.(Irawan)

Tinggalkan Balasan