243 JCH Kabupaten Rohil Ikuti Bimbingan Manasik Haji

www.negaraonline.com, Rohil – Sebanyak 243 Orang Jemaah Calon Haji (JCH) se-Kabupaten Rokan Hilir mengikuti bimbingan manasik haji, teori dan praktek, yang dipusatkan di gedung serbaguna jalan utama, Senin (07/05/18) di Bagansiapiapi Riau.

Dalam acara tersebut dihadiri plt Bupati Rohil Drs.H.Jamiluddin yang didampingi Ketua DPRD Rohil H Nasrudin Hasan SE, Kemenag Rohil diwakili Sakolan, IPHI Riau Asyhari Nur, dan kabag kesra Setdakab Rohil Muh Zen.

Bimbingan teori dan praktek yang dilakukan oleh JCH sebagai persiapan dan tata cara pelaksanaan ibadah haji ketika saat musim haji tiba, kegiatan manasik haji dilaksanakan dengan tujuan agar para Jamaah calon haji mendapatkan ilmu tentang bagaimana menjalankan haji yang baik, agar menjadi haji yang mabrur.

“Hal ini sebagai menambah pengetahuan para Jemaah. Kita dari Kabupaten Rokan Hilir juga melakukan bimbingan haji dengan menfasilitaskan pelaksanaan ini dengan mengumpulkan seluruh jemaah haji melakukan bimbingan manasik haji yang di pusatkan di Bagansiapiapi,” jelas M.zen.

Dijelaskan juga, Bimbingan manasik Jemaah Calon Haji ini mengundang tenaga instruktur dari provinsi Riau yang diharapkan dapat memberikan bimbingan tersebut dapat dipahami para Jemaah calon Haji.

“Adapun jumlah Jemaah Calon Haji untuk Tahun ini berjumlah 243 orang, yang terbanyak dari kecamatan Bagansinembah sebanyak 79 orang kemudian disusul kecamatan Tanah Putih 32 orang, kecamatan Kubu sebanyak 27 orang, kecamatan Bangko sebanyak 25 orang, Kecamatan Rimba Melintang 18 orang dan kecamatan Bangko Pusako sebanyak 18 orang, selanjutnya kecamatan Pujud sebanyak 17 orang, kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan sebanyak 8 orang, kecamatan simpang kanan sebanyak 7 orang, kecamatan Rantau Kopar sebanyak 6 orang, kecamatan Pasir limau kapas 4 orang dan kecamatan pekaitan sebanyak 2 orang,” tuturnya.

PLT Bupati Rohil Drs H.Jamiludin dalam sambutannya mengharapkan sesama jemaah Calon Haji untuk selalu bersinergi bersama dalam menjalankan ibadah haji.

“Kita berharap nantinya para Jemaah calon haji yang berada di tempat mustajab dapat mendoakan kabupaten Rokan Hilir. Kemudian kita juga agar senantiasa mendoakan mereka (Jemaah calon haji,red) agar selalu dalam keadaan sehat hingga sampai kembali ketanah air,” jelasnya.

Kegiatan manasik haji tersebut sudah berlangsung sejak Tanggal 6 mei 2018, dan berakhir pada Tanggal 11 mei 2018 mendatang, mudah-mudahan Jemaah Calon Haji Kabupaten Rokan Hilir menjadi haji yang mabrur, harapnya. (Sudirman)

Tinggalkan Balasan