Akibat Jalan Rusak , Truck Pengangkut Sawit Terjungkal di Cot Girek

www.negaraonline.com, Aceh Utara – Truck Colt Diesel bernopol BL 8879 Z yang dikemudikan oleh Syahril, warga Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, mengalami kecelakaan tunggal di jalan lintas Lhoksukon – Cot Girek tepatnya di Desa U Baro (Km 11) Kecamatan Cot Girek, Kabupaten Aceh Utara, Minggu (04/11) malam.

Informasi diperoleh, truck yang mengangkut sekitar sepuluh ton Kelapa Sawit itu awalnya berangkat dari perkebunan sawit yang ada di Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, hendak menuju ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Cot Girek dibawah PT
Perkebunan Nusantara (PTPN I) Cot Girek.

Setibanya di lokasi kejadian, sang pengemudi hendak mengelak lubang yang ada di sisi kiri jalan tersebut dengan cara mengambil sisi kanan jalan yang juga kerusakannya parah. Dalam situasi seperti itu, kecelakaan tunggal tak dapat dielakkan sehingga posisi truck terbalik ke sisi kiri.

Baca juga
http://www.negaraonline.com/mui-fpi-pemuda-muhammadiyah-fatayat-nu-dprd-asahan-dan-ampi-minta-game-zone-ditutup

Pantauan dilapangan, kecelakaan tersebut sempat membuat arus lalulintas macet selama dua jam lebih karena lambannya bantuan penanganan yang diberikan pihak terkait. Sekira pukul 23:40 WIB, truck berhasil dikeluarkan oleh warga dengan menariknya menggunakan tali setelah muatan sawit dikosongkan.

Sementara itu Humas Julok Rayeuk Utara (JRU) PTPN I, Tursina Wahab, yang di konfirmasi media senin ( 05 /11/ 18 ) mengatakan sawit yang diangkut truck tersebut merupakan buah dari Afdeling IV JRU PTPN I yang ada di Julok, Aceh Timur. Dirinya menyebutkan, kecelakaan itu terjadi karena disebabkan jalan yang berlubang.

Setiap harinya, sebut Tursina, Kelapa Sawit yang diangkut dari JRU berjumlah sekitar 100 Ton lebih dibawa ke PKS Cot Girek. Jika terjadi kendala di Pabrik itu, pihaknya baru bisa membawanya ke Pabrik lain wilayah Langsa.

Pihaknya juga sering melaporkan ke Kantor Direksi jika terjadi kendala di lapangan. Soal kondisi jalan, juga menjadi kendala bagi pihaknya. Sementara warga berharap pihak PTPN I turut membantu dalam perbaikan jalan yang kondisi kian hari terus parah, apalagi sering dilintasi keluar-masuk truck muatan sawit dan CPO.

Sementara Asisten Personalia Umum ( APU/Humas ) PKS Cot Girek, Abdul Muthalib yang di konfirmasi media ini mengatakan, selama ini pihaknya sudah pernah melakukan beberapa kali penambalan jalan yang berlubang selama ini.

” Pasca kejadian semalam kita akan berupaya mendiskusikan dengan manejer untuk menanggulangi apa tindakan yang harus dilakukan, dan kendala kita hari ini tidak punya fasilitas tidak ada, seperti truck dan bahan untuk menambal kita juga tidak punya,” ucap Abdul Muthalib.(Syahrul)

Tinggalkan Balasan