Angin Puting Beliung Memporak Porandakan 5 Dusun Desa Suka Makmur

Negaraonline.com,  Asahan – Angin puting beliung hantam lima Dusun yang berada di Desa Suka Makmur Kecamatan Pulau Bandring Kabupaten Asahan. Adapun lima dusun yang terkena terjangan angin puting beliung semuanya berada  di Desa Suka Makmur.

Sedikitnya 11 unit rumah di lima dusun di Kabupaten Asahan mengalami kerusakan dan sejumlah pepohonan bertumbangan akibat diterjang angin puting beliung pada Sabtu (15/6/19) kemarin. Insiden itu juga sempat memutuskan aliran listrik di lima dusun itu.

“Akibat bencana tersebut sebanyak 11 rumah warga mengalami kerusakan dan terputusnya aliran listrik  PLN di 4 titik lokasi, di 3 lokasi lainnya ternak ayam, ternak bebek dan ternak ikan, disertai 36 tanaman keras tumbang,” sebut Safruddin Harahap.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan mengatakan akibat dari curah hujan, angin puting beliung ini beberapa tanaman tumbang dan merusak rumah warga, peternakan, perkebunan dan terputusnya arus listrik.

“Tindakan yang kita lakukan adalah bekerjasama dengan perangkat Kecamatan Pulau Bandring dan Pemdes beserta Babinsa Suka Makmur melakukan evakuasi dan pembersihan pohon yang tumbang yang menimpa rumah warga serta memberikan bantuan logistik kebutuhan dasar kepada korban,” tutup Safruddin.

Selain merusak rumah warag, Khaidir menambahkan angin puting beliung juga mengakibatkan beberapa tanaman keras ikut tumbang yakni sebanyak 36 pohon. Selain itu aliran listrik PLN di empat titik lokasi juga terputus.

“Adapun rumah warga yang rusak yakni 3 unit rusak ringan, 8 rumah mengalami rusak berat. Selain itu, kandang ayam dan kandang ternak bebek milik warga juga rusak akibat puting beliung,” kata Kabid Kedaruratan BPBD Asahan, Khaidir Sinaga, Minggu(16/6/19).

Kondisi tersebut berlangsung sekitar 1 jam. Dan selanjutnya hujan gerimis terjadi tidak disertai angin kencang. ” Aktivitas masyarakat yang rumahnya tertimpa pohon dan diterpa angin puting beliung terganggu,” ujarnya.

Tim BPBD Kabupaten Asahan bersama perangkat Kecamatan Pulo Bandring dan Pemdes beserta Babinsa Suka Makmur melakukan kaji cepat dampak serta kerusakan di lokasi kejadian.

“Tim melakukan evakuasi dan pembersihan pohon tanaman keras yang tumbang dan menimpa bangunan milik warga dan telah menyerahkan bantuan logistik pemenuhan kebutuhan dasar kepada korban terdampak bencana,” paparnya.(Bawadi)

Tinggalkan Balasan