Bagi Masyarakat Yang Belum Terdaftar Dalam DPT Segera Datang Keposko Layanan Pemilih

www.negaraonline.com, Tanjung Balai – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungbalai melaksanakan apel pencanangan gerakan melindungi hak pilih yang dipimpin oleh Ketua KPU Tanjungbalai Amrizal SE Yang dihadiri komisioner Para Staf KPU, PPK dan PPS dihalaman kantor KPU Kota Tanjungbalai,Senin,(1/10/18),Siang.

Posko Layanan Pemilih merupakan bagian Gerakan Melindungi Hak Pemilih Pemilu Tahun 2019. Melalui posko ini KPU membuka kesempatan kepada masyarakat yang belum terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) agar mandapat hak pilih pada pemilu mendatang.

Ketua KPU Tanjungbalai Amrizal SE menyampaikan posko tersebut diberi nama Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Posko ini merupakan program KPU Pusat yang dibuka serentak di seluruh Indonesia pada 1 Oktober 2018.

“Pemilu akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang. Khusus untuk posko GMHP ini akan dibuka selama 28 hari, mulai tanggal 1 sampai 28 Oktober 2018,” kata Amrizal.

Amrizal menambahkan, posko tersebut akan dibuka di semua tingkatan mulai dari KPU Kota Tanjungbalai PPK kecamatan dan di PPS kelurahan.

“Harapan kami masyarakat yang belum terdaftar sebagai pemilih bisa melaporkan dirinya ke KPU Tanjungbalai atau ke PPK dan atau PPS dengan membawa KTP elektronik dan kartu keluarga,” pintanya.

Selanjutnya, kata Amrizal, pihaknya akan melakukan pengecekkan di DPT apakah benar pemilih tersebut belum terdaftar. Jika belum terdaftar, pihaknya akan memasukan data yang bersangkutan sebagai pemilih baru.

Selain melaporkan pemilih yang belum terdaftar, masyarakat pemilih juga bisa menyampaikan informasi terkait pemilih yang sudah meninggal dunia untuk perbaikan elemen data pemilih. Untuk pemilih yang telah meninggal dunia bisa disertai surat kematian sehingga datanya dapat dihapus dari daftar pemilih tetap.(Irawan)

Tinggalkan Balasan