Begini Isi Surat Bupati Asahan Kepada 177 Kades

www.negaraonline.com, Asahan – Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang, MAP, meminta kepada 177 Kepala Desa segera melengkapi tunggakan Administrasi laporan pelaksanaan keuangan Dana Desa (DD) dan perkembangan pelaksanaan BUMDes pada tahun 2017.

Hal ini tentunya sesuai dengan surat perintah Bupati Asahan tertanggal 29 Oktober 2018 tentang tindak lanjut hasil pemeriksaan register tim Inpsektorat Kabupaten Asahan Tahun 2018. Surat perintah tersebut di benarkan oleh Sekretaris Inspektorat Ruslan, SH, ketika di konfirmasi awak media. Rabu (14/11/18) di ruang kerjanya.

Dikatakan Ruslan, bahwa benar Bupati Asahan telah menyurati Kepala Desa terkait tunggakan administrasi laporan pelaksanaan pertanggungjawaban keuangan Dana Desa dan perkembangan pelaksanaan BUMDes tahun 2017.

Baca juga :
http://www.negaraonline.com/sempat-tutup-selama-tiga-hari-sat-pol-pp-asahan-razia-game-zone

Ia menyebutkan bahwa pertanggungjawaban pelaksanaan keuangan Dana Desa dan BUMDes tersebut tertuang dalam Permendagri RI nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa, Permendagri nomor 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan Desa dan Peraturan Buapati ( Perbup) nomor 40 tahun 2018 tentang petunjuk pelaksanaan pemilihan Kepala Desa dan penyenyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Dikatakan Ruslan, bahwa sejauh ini masih ada sejumlah Kepala Desa belum meyelesaikan tunggakan laporan pertanggungjawaban adminstrasi terkait pengelolaan keuangan Dana Desa.

Oleh karena itu pihaknya menegaskan kepada 177 Kepala Desa se-Asahan segera menyelesaikan tunggakan tersebut, mengingat waktu pertanggungjawaban sudah di penghujung tahun anggaran.

” Kita berharap kepada 177 Kepala Desa hendaknya secepat mungkin menyelesaikan tunggakan administrasi terkait pertanggungjawaban pengelolaan keuangan Dana Desa dan BUMDes, jangan sampai hal ini menjadi temuan ” kata Ruslan

Sementara itu, Kepala Desa Subur Zailani, SH, yang juga merupakan Petahan pada Pilkades serentak di 40 Desa pada 7 September 2018 unggul memperoleh suara 824 di nyatakan menang dan menjabat kembali sebagai Kepala Desa terpilih periode (2018 s/d 2024 ) sebelumnya menjabat pada periode ( 2012 s /d 2018 ).

Menangagapi surat perintah Bupati Asahan tersebut awak media mencoba konfirmasi kepada Zailani, Selasa (13/11) di kediamannya mengatakan bahwa tunggakan administrasi pertanggungjawaban pengeluaran keuangan DD dan BUMDes 2017 mengakui telah di selesaikan dan laporan tersebut juga sudah di sampaikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Inspektorat.

” Mana mungkin kami belum menyelesaikan tunggakan administrasi tersebut, apalagi sekarang sudah menggunakan e-billing bahkan setoran PPN maupun PPh sudah kita bayarkan, ” jawab Zailani singakat (Tim)

Tinggalkan Balasan