Bertahun Tahun Tidak Dapat Perawatan, Warga Tanam Pisang Ditengah Jalan

www.negaraonline.com, Karo – Akibat tidak mendapat perawatan hingga bertahun tahun, salah satu ruas jalan di Desa Ujung Teran Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo mengalami rusak parah yakni berlubang lubang dan berlumpur seperti kubangan kerbau.

Kondisi jalan tersebut berakibat terhambatnya roda prekonomian warga di desa tersebut. Mungkin karena kesal dan bosan, puluhan warga setempat melakukan aksi protes berupa menanam pohon pisang di jalan yang rusak tersebut, Kamis (18/10).

Jalan ini sudah 4 tahun tidak mendapat perbaikan/perawatan, sementara jalan ini termasuk jalur evakuasi dari bahaya letusan Sinabung. Kerusakan jalan ini juga mengakibatkan meningkatnya ongkos transportasi. Kami berharap Pemkab Karo melalui Dinas terkait sesegera mungkin memperbaiki jalan ini, ujar Asilta Surbakti salah seorang warga setempat.

Surbakti menambahkan saat jalan ini masih dalam kondisi baik, hanya sekitar 15 menit waktu yang dibutuhkan sampai ke Berastagi, namun saat ini mencapai 1 jam. Selain waktu bertambah, ongkos transpot hasil hasil pertanian, perkebunan, ongkos anak sekolah dan lainnya juga naik.

Sementara ketika peresmian jambur di desa Ujung Teran, didepan ribuan masyarakat Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH menyampaikan bahwasanya jalan tersebut akan segera diperbaiki. Selain didengar ratusan warga, janji Bupati tersebut juga didengar langsung Siti Aminah bru perangin angin (anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara).

Perbaikan jalan ini sangat mendesak, bayangkan siswa harus menantang maut untuk tiba di sekolah. Kita juga melihat kondisi jembatan yang nyaris putus dan mungkin tinggal menunggu korban jiwa, ujar Surbakti.

Ketua BPD Ujung Teran, Daniel Sembiring berharap kepada pemerintah agar tidak hanya melontarkan janji janji palsu kepada masyarakat. Masyarakat masih menunggu janji pak Bupati Karo saat peresmian jambur. Kita minta Pemkab Karo kiranya dapat merespon keluhan warga, ujar Daniel.

Kepala Desa Ujung Teran, Solen Sinulingga ketika di konfirmasi terkait aksi tanam pisang ditengah jalan oleh warganya, mengaku telah mengusulkan perawatan jalan tersebut kepada pemerintah, namun hingga saat ini belum diperbaiki. Namunpun demikian kita tetap menghimbau agar seluruh masyarakat bersabar dan tidak melakukan aksi anarkis yang bisa merugikan diri sendiri, ujar Sinulingga.

Kadis PU PR Karo, Ir Paten Purba saat di konfirmasi terkait jalan tersebut melalui selulernya, tidak mendapat jawaban walapun HP miliknya bernada dering, (Julius S)

Tinggalkan Balasan