Bumdes Harus Bersinergi Dengan Petani

www.negaraonline.com, Samosir – Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM menekankan bahwa pembentukan Badan Usaha Milik Desa(Bumdes) harus mampu memberikan income Pendapatan Anggaran Daerah(PAD) terhadap desa. Bumdes juga harus bersinergi dengan petani.

Hasil pertanian dari masing-masing desa harus bisa dimanfaatkan Bumdes, diolah sehingga memberikan nilai tambah. Demikian dikatakan Bupati Samosir pada acara pembukaan Workshop Pembentukan, Pembinaan dan Penguatan Pengelolaan Bumdes di Hotel Grand Dainang. Senin (12/03/18)

Desa diwajibkan untuk memiliki Badan Usaha Milik Desa, untuk itu perangkat desa yang direkrut harus mampu merancang sebuah usaha yang akan dikelola desa.

Rapidin menambahkan, bahwa pemerintah daerah akan mencoba menanamkan saham pada Bumdes yang berkembang.

Bumdes itu harus jelas tujuan dan arahnya sehingga pihak permodalan seperti perbankan yakin untuk memberikan pinjaman guna modal usaha.

BRI Cabang Pangururan akan mengucurkan dana permodalan Bumdes apabila Bumdes tersebut benar-benar memberikan dampak peningkatan terhadap perekonomian masyarakat.

BRI selaku BUMN akan menggandeng Bumdes. Acara ini dihadiri Camat se-Kabupaten Samosir dan para kepala desa se-Kabupaten Samosir (Parlindungan)

Tinggalkan Balasan