Bupati Asahan : Ibadah Haji Merupakan Ibadah Yang Komplek

www.negaraonline.com, Asahan – Tahun 1439 H/2018 M, sebanyak 427 calon jamaah haji (calhaj) Asahan siap berangkat ke tanah suci Makkah.

Sebelum keberangkatan seluruh calhaj terlebih dahulu mengikuti manasik haji yang dibuka Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc di gedung tahfiz quran mesjid agung kisaran. Rabu (4/7/18).

Surya yang membacakan pidato tertulis Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP mengatakan ibadah haji merupakan ibadah yang komplek.

Untuk melaksanakannya dengan baik dan benar diperlukan persiapan yang matang, baik fisik, mental dan biaya.

Manasik haji bertujuan agar calhaj memiliki bekal tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji agar berjalan lancar, benar dan sesuai kaidah agama.

Setiap muslim pasti mendambakan untuk menunaikan ibadah haji ketanah suci Makkah sekaligus dalam rangka melaksanakan rukun islam ke 5.

Masih banyak saudara saudara kita yang sudah siap lahir, batin dan biaya, namun belum bisa berangkat ketanah suci tahun ini disebabkan sesuatu hal.

” Oleh sebab itu kepada seluruh calhaj yang akan berangkat, ikutilah manasik haji ini dengan baik dan sungguh sungguh,” ujar Surya.

Kakankemenag Asahan, Dr H Hayatsyah MPd dalam laporannya mengatakan seluruh calhaj telah di vaksin imunisasi meninghitis dan influenza oleh Dinkes.

Calhaj Asahan akan berangkat pada gelombang I kloter 2 dengan jumlah 388 orang.

Berangkat dari KNIA menuju Madinah dengan penerbangan No GIA 3102 tanggal 23 Juli dan kembali ke tanah air dari Jeddah dengan penerbangan No GIA 3202 tanggal 3 September 2018. Sisa yang 39 orang akan berangkat bergabung dengan calhaj Simalungun, Siantar, Medan, pada gelombang 2 kloter 9.

Sementara calhaj tertua Nurhayati Kongah Marpaung (88) dari Air Joman dan calhaj termuda Rizky Nurlita Maylinda (20) dari Kisaran Timur.
Tampak hadir Wakil Bupati Asahan, Kapolres, Dandim, Ketua PN, Ketua MUI dan OPD dan ratusan calhaj. (FR)

Tinggalkan Balasan