Bupati Asahan Sampaikan Prioritas Dalam Musrembang Kecamatan

Negaraonline.comAsahan – Musrenbang bertujuan untuk penajam, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Desa/Kelurahan yang diintegrasikan dengan prioritas pembangunan daerah di wilayah Kecamatan.

Hal itu dikatakan Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi saat membacakan pidato tertulis Bupati Asahan. Rabu (13/2/19).

Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi melanjutkan keikut sertaan masyarakat dalam Musrenbang ini sangat penting untuk menjaring aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas bersama sesuai kebutuhan.

Sekda menambahkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penyusunan kegiatan tahun 2020 yakni kegiatan pembangunan yang dapat dituntaskan tahun 2020 agar menjadi prioritas, dalam menyampaikan usulan harus mempertimbangkan azas pemerataan, usulan kegiatan harus dikelompokkan sesuai porsi dan kewenangannya.

” Kegiatan yang dapat dilaksanakan dengan Dana Desa (DD) agar diarahkan melalui DD, bantuan rumah ibadah, peralatan olahraga, pemagaran pemakaman digunakan dengan DD, usulan rumah tidak layak huni agar mempedomani data base, usulan OVOV disesuaikan dengan potensi daerah” ujar Sekda.

Apalagi proses pelaksanaan Musrenbang menggunakan aplikasi e-planning, sehingga masyarakat dapat mengikuti usulan yang disampaikan hingga penyusunan APBD, dengan harapan pembangunan yang akan dihasilkan lebih aspiratif,” transfaran dan akuntabel, demi terwujudnya visi misi Pemkab Asahan yang religius sehat cerdas” sebut Sekda.

Beberapa program yang harus dituntaskan diantaranya infrastruktur jalan kabupaten, jalan lingkar/jalan mantap, seperti jalan menuju Puskesmas, jalan menuju sarana pendidikan, jalan menuju sarana pemerintahan, jalan usaha tani, jalan peternakan, jalan nelayan, penyediaan air bersih dan pasar tradisional.

Selain itu prasarana pendidikan terutama sekolah unggulan, prasarana kesehatan seperti Puskesmas/Pustu, sarana prasarana dalam rangka kemandirian dibidang ternak, pertanian, perikanan dan UMKM.

Amatan awak media dalam Musrenbang turut dihadiri Sekda, OPD, Kapolsek, Danramil, Kepala Puskesmas, Lurah, Kepala Desa, PKK, Kepling, Kadus, LPM, BPD, OKP, Kasek, bidan, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat (FR)

 

Tinggalkan Balasan