Bupati Inhil Membuka Acara Bursa Inovasi Desa

www.negaraonline.com, Inhil – Berrtempat di gedung Engku Kelana Tembilahan, Kamis (25/10/18) Bupati HM. Warisan membuka acara Bursa Inovasi Desa (BID), yang dibuka lansung Bupati HM. Wardan turut dihadiri, Kepala Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Provinsi Riau Drs. H. Syarifuddin, Ketua Komisi 1 DPRD Inhil Yusuf Said, Unsur Forkopimda, Pejabat eselon dan kepala Desa se-Kebupaten Inhil.

Pembukaan acara BID ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati HM. HM. Wardan didampingi Kepala Dinas PMD Privinsi Riau, Ketua Komisi 1 DPRD Inhil dan unsur Forkopimda.

Bursa Inovasi Desa (BID) yang bertujuan untuk memberdayakan Masyarakat Desa dengan cara pengembangan Jiwa Kewirausahaan, peningkatan SDM dan Peningkatan Infrastruktur Perdesaan melalui Peningkatan Produktifitas Pedesaan.

Sebelum menyampaikan Bupati sambutan terlebih dahulu dilaksanakan penandatanganan MoU dan pemberian penghargaan kepada perangkat Desa yang peduli program BPJS TH 2018.

Sementara itu Bupati HM. Wardan saat membuka acara BID mengatakan, program inovasi desa merupakan salah satu upaya kementerian desa pdtt dalam rangka mempercepat penanggulangan kemiskinan di desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dengan strategi pengembangan kapasitas desa secara berkelanjutan khususnya dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, pelayanan sosial dasar serta infrastruktur desa.

Program Inovasi Desa (PID) ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah bentuk dukungan kepada desa agar lebih efektif dalam menyususn penggunaan dana desa sebagai investasi dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Bursa inovasi desa ini merupakan instrumen untuk menyukseskan pelaksanaan program inovasi desa. pada bursa inovasi desa di kabupaten indragiri hilir, ada 3 (tiga) pilihan yang nantinya bisa dipilih oleh kepala desa sebagai komitmen melalui kartu komitmen yang nantinya akan dilaksanakan di desa masing-masing.

Diantaranya, bidang sumber daya manusia, meliputi peningkatan pelayanan posyandu, peningkatan fungsi paud, serta pengurangan tingkat urbanisasi masyarakat desa.

Bidang infrastruktur, meliputi memudahkan akses masyarakat dalam mendapatkan listrik, air bersih, sanitasi, ruang publik, sarana olahraga, prasarana perekonomian desa, komunikasi dan keberadaan rumah layak huni.

Bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal, meliputi potensi unggulan desa, potensi unggulan kawasan perdesaan, kegiatan bum desa, kelompok usaha ekonomi masyarakat dan kewirausahaan, dan akses masyarakat ke lembaga keuangan.

Program inovasi desa ini bertujuan untuk meningkatakan kualitas penggunaan dana desa sehingga lebih tepat sasaran dan lebih terarah penggunaannya. Usai sambutan dilanjutkan kunjungan Bupati serta rombongan ke ruang bursa.(Adv)

Tinggalkan Balasan