Camat Kistim Berharap, Agar Dalam Melaksanakan Tugas Selalu Berkoordinasi

www.negaraonline.com, Asahan – Camat Kota Kisaran Timur Irwandi, S.E hadiri pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) se-Kecamatan Kota Kisaran Timur oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kecamatan Kota Kisaran Timur. Senin (4/6/18) di aula Kolam Renang Nabila Jalan Williem Iskandar Kisaran.

Ketua Panwaslih Kecamatan Kota Kisaran Timur Husni Mustofa, S.Kom.I. mengatakan, bahwa Pengawas TPS secara substansi merupakan petugas pengawas pemilihan yang sangat menentukan baik dan burunknya kinerja Panwas secara menyeluruh.

“Bapak dan Ibu adalah petugas yang diberi kewenangan penuh dalam memutus suatu perkara di TPS yang diawasi. Oleh karena itu, pahamilah tugas-tugas dan kewenangan bapak dan ibu sebagai pengawas,” kata Husni.

Selain itu, kata Husni, fatwa Pengawas TPS akan menentukan proses pelaksanaan Pilgubsu tahun 2018 untuk menentukan pimpinan dalam 5 tahun ke depan.

Husni mengingatkan, dengan terbitnya PKPU Nomor 8 Tahun 2018 yang salah satunya mengatur dan mewajibkan bagi pemilih untuk menunjukkan E-KPT/ Suket dari Disdukcapil setempat dan surat pemberitahuan (C6) pada saat akan memberikan hak suaranya, Pengawas TPS harus bertindak tegas dan adil dalam mengambil keputusan (fatwa).

“Sesuai dengan PKPU di atas, jika tidak memenuhi unsur, wajib ditolak dan KPPS tidak berhak memberikan izin kepada pemilih untuk memberikan suaranya,” tegasnya.

Sementara, Camat Kota Kisaran Timur Irwandi, S.E. dalam bimbingan dan arahannya mengucapkan, selamat dan sukses, semoga dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Camat menyampaikan, 173 Pengawas TPS yang baru dilantik ekfivalen dengan jumlah TPS yang tersebar di wilayah Kecamatan Kota Kisaran Timur. Dia berharap, agar dalam melaksanakan tugasnya selalu berkoordinasi dengan penyelenggara lainnya dan pemerintah setempat.

Kapolsek Kota Kisaran Iptu Rianto, S.H. yang ikut hadir juga menyampaikan imbauan, agar Pengawas TPS dapat menyukseskan Pilgubsu tahun 2018 dengan tertib, aman dan kondusif, sehingga Asahan khususnya Kota Kisaran aman.(FR)

Tinggalkan Balasan