Cara Pemkab Asahan Memotivasi Pelajar & Masyarakat Untuk Senantiasa Berkunjung Ke Perpustakaan

Negaraonline.com, Asahan – Menyadari minat dan kebiasaan membaca dikalangan pelajar dan masyarakat umum masih perlu ditingkatkan. Dengan semakin banyaknya perpustakaan di sekolah-sekolah, Kecamatan, Desa, dirumah ibadah, taman bacaan masyarakat dan perpustakaan daerah. Selasa (26/03/19).

Hal tersebut dikatan Bupati Asahan, Drs H Taufan Gama Simatupang MAP melalui Staf Ahli, Hasbi Simbolon MSi mengatakan, buku merupakan jendela dunia dan jadikan membaca sebagai gaya hidup. Pemkab Asahan berharap akan semakin tinggi minat dan kebiasaan membaca bagi pelajar dan masyarakat umum.

Lebih lanjut dikatakan Hasbi, untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, kegiatan membaca di perpustakaan merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk mendapatkan informasi, ilmu pengetahuan, tekhnologi dan budaya.

UU No 43 tahun 2007 tentang perpustakaan menyebutkan perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan bangsa.” UU ini selaras dengan visi dan misi Pemkab Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri.” Sebut Hasbi.

” Dengan kebiasaan membaca buku, mudah-mudahan anak-anak kita dapat mewujudkan cita cita dan impiannya, karena buku adalah jendela dunia dan jadikan membaca sebagai gaya hidup,” kata Hasbi.

Pemkab Asahan melalui Dinas Perpustakaan memiliki beberapa kegiatan diantaranya perpustakaan keliling dan mobil pintar ke sekolah sekolah dan desa desa, wisata baca atau penjemputan siswa untuk membaca di kantor perpustakaan, khususnya bagi Paud/RA dan story telling/dongeng.

Ditambahkan staff ahli, untuk mendorong Asahan sebagai Kabupaten Literasi, ” kita melakukan berbagai kegiatan diantaranya mobil pintar dioperasikan saat acara car free day setiap hari Minggu, mobil pintar dioperasikan disamping SMPN 2 Kisaran setiap hari Selasa dan Kamis sebagai kawasan pendidikan”, kata Hasbi.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan, Misli M Noor SH mengatakan kegiatan bertujuan untuk menumbuh kembangkan minat dan budaya baca dikalangan pelajar dan masyarakat umum. Memotivasi pelajar dan masyarakat untuk senantiasa berkunjung ke Perpustakaan dan membaca buku dan memotivasi masyarakat untuk menuju Asahan sebagai Kabupaten Literasi.

Kegiatan dilaksanakan di kantor Perpustakaan, tanggal 26 hingga 28 Maret dengan 8 lomba yakni lomba mewarnai tingkat taman kanak-kanak diikuti 127 orang, lomba bercerita tentang biografi pahlawan Nasional tingkat SD/SMP diikuti 69 orang (SD diikuti 24 orang, SMP diikuti 45 orang), lomba pidato bahasa Indonesia tingkat SMP/SMA diikuti 107 orang (SMP diikuti 58 orang, SMA diikuti 49 orang).

Lomba pidato bahasa Inggris tingkat SMP/SMA diikuti 82 orang (SMP diikuti 45 orang, SMA diikuti 37 orang), lomba cipta dan baca puisi tingkat SMP/SMA diikuti 82 orang (SMP diikuti 46 orang, SMA diikuti 36 orang), lomba senandung tingkat SMP/SMA diikuti 108 orang (SMP diikuti 57 orang, SMA diikuti 51 orang), lomba poster tingkat SMA diikuti 30 orang, lomba pustakawan berprestasi tingkat umum diikuti 15 orang, kata Misli. (Bawadi)

 

Tinggalkan Balasan