Cegah BDB, Camat Berharap Fogging Dilakukan Secara Berkesinambungan

www.negaraonline.com, Asahan – Fogging/pengasapan adalah merupakan salah satu tata cara untuk mengurangi berkembangbiaknya nyamuk malaria/demam berdarah
Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Sei Dadap, dr Hari Sapna saat melakukan fogging didusun II desa Sei Kamah Kecamatan Sei Dadap. Kamis (11/1/18).

Fogging dilakukan bertujuan sebagai upaya untuk memberantas berkembangbiaknya nyamuk malaria yang dapat menyebabkan penyakit malaria atau Demam Berdarah (BDB). Apalagi di awal tahun 2018 ini curah hujan sangat tinggi, sehingga dapat menimbulkan jentik-jentik bibit nyamuk malaria.

Saat ini kita sedang melakukan fogging, sebab bila seseorang terkena gigitan nyamuk malaria dapat menimbulkan dampak yang fatal bagi kesehatan orang tersebut.

Untuk mengatasi penyebaran dan pencegahan bibit penyakit yang berasal dari nyamuk malaria, dr Sapna mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dari berbagai genangan air yang dapat menjadi sarang berkembangbiaknya nyamuk malaria.

Fogging ini kami lakukan bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sei Kamah II dengan melibatkan berbagai elemen yakni kader Kesehatan,TP PKK Desa serta masyarakat.

Usai melakukan fogging, dr Hari Sapna memberikan sosialisasi program 3 M serta Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) kepada masyarakat Desa Sei Kamah II.

Sosialisasi Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup setiap orang agar dapat terwujud derajat kesehatannya yang lebih baik, ujar Sapna.

Kepala Desa Sei Kamah II, Limin mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Asahan melalui Kepala Puskesmas Sei Dadap yang telah melakukan fogging di Desa Sei Kamah II.

Semoga dengan fogging ini dapat memberantas nyamuk malaria dan mencegah penyakit Demam Berdarah (BDB), sehingga Desa Sei Kamah II terbebas dari penyakit malaria, ujar Limin.

Camat Sei Dadap, Rahman Halim AP, menyambut baik kegiatan yang di lakukan Puskesmas Sei Dadap. Kita berharap kegiatan fogging ini dilakukan secara berkesinambungan di setiap Desa se Kecamatan Sei Dadap. Dengan adanya kegiatan ini kita berharap visi Asahan sehat dapat terwujud, ujar Halim, (FR)

Tinggalkan Balasan