Demokrat Investigasi Pertemuan Gubernur Papua dengan Kepala BIN

Demokrat Investigasi Pertemuan Gubernur Papua dengan Kepala BIN

Jakarta – Partai Demokrat membentuk tim investigasi untuk menyelidiki pertemuan antara Gubernur Papua Lukas Enembe yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Papua, dengan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan di Jakarta pada 5 September lalu.

Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat Benny K Harman mengatakan partainya tidak ingin salah mengambil kesimpulan. Demokrat juga tidak senang jika informasi yang beredar itu hoax dan tidak mengandung kebenaran, serta merupakan fitnah terhadap Kepala BIN.

“Untuk itu, meskipun Partai Demokrat juga telah memiliki informasi yang cukup dari berbagai sumber, kami telah membentuk tim investigasi yang dipimpin saya sendiri,” tulis Benny dalam keterangannya, Senin (18/9/2017).

Benny menjelaskan, tim investigasi bertugas menelusuri, menggali, dan mengungkapkan fakta dan kebenaran atas informasi penting tersebut, sebelum secara resmi Partai Demokrat mengambil sikap.

“Partai Demokrat sungguh ingin fakta dan kebenaran berkaitan dengan pertemuan Kabin Budi Gunawan dengan Gubenur Papua ini benar-benar terungkap, karena kami menginginkan sistem, tatanan dan undang-undang di negeri ini dapat ditegakkan dengan lurus,” kata dia.

Terkait dugaan pertemuan tersebut membahas persiapan keamanan pemilu, Benny berharap, Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 di Papua dapat berlangsung secara jujur, demokratis, dan damai.

Dia berpendapat setiap bentuk penyimpangan yang dilakukan elemen negara dan pemerintah, akan memberikan beban dan persoalan pada Presiden Jokowi. Ia meyakini Presiden juga ingin Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 di Papua dan provinsi lain berjalan jujur, demokratis, dan damai.

“Kita semua harus memberi bantuan kepada Presiden Jokowi dan pemerintahan yang beliau pimpin, agar senantiasa sukses dalam mengemban tugas-tugasnya, dan tidak sebaliknya memberikan beban dan permasalahan yang merepotkan pemimpin kita,” kata Benny.

Tinggalkan Balasan