Dikunjungi Wagubsu, Pemkab Asahan Komitmen Berantas Narkoba

www.negaraonline.com, Asahan – Wakil Gubernur Sumatera Utara, Hj Nurhajizah Marpaung meminta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) kompak dan bersinergi bersama-sama menekan peredaran narkoba. Pasalnya bila tidak kompak maka narkoba terus menjadi ancaman bagi generasi bangsa.

“Saya yakin bila forkopinda kompak menekan peredaran narkoba, maka narkoba pasti berkurang,” kata Nurhajizah saat berbincang dengan beberapa orang awak media usai melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Asahan. Rabu(8/3/18)

Forkopinda adalah penentu dan pengambilan kebijakan, maka itu diharapkan forkopinda harus sering melakukan kordinasi atau rapat minimal 1 bulan sekali terkait narkoba. “ Kepala daerah itu tugas memikiri masyarakat. Khusus untuk penangkapan serahkan kepada polisi, TNI dan Kejari dan PN untuk memutusakannya,” ungkap Nurhajizah.

Selain forkopinda, Nurhajizah juga meminta kepada pemuda dan tokoh masyarakat untuk terlibat aktif mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat untuk tidak berurusan dengan barang haram tersbeut.

“Forkopinda saja pun tidak bisa. Kita harus bergadeng tangan dan kerjasama komitmen beratas narkoba. Mari semua Kabupaten/Kota untuk bergerak perang dengan narkoba. Jangan sampai Sumut menjadi reking dalam narkoba,” sebut Nurhajizah.

Nurhajizah juga meminta Kepala daerah untuk mengunjungi lembaga pemasyarakatan dan melihat secara langsung keberadaan masyarakat. Hampir 25 % penghuninya perempuan dan anak-anak yang semuanya berkasus narkoba.

“Mari kita perhatikan mereka, agar tidak lagi terjerumus dalam narkoba,” ungkap Nurhajizah, sembari menyebutkan pihak sudah melakukan kajian terkait penanganan narkoba, hal ini merupakan adopsi dari Negara Filipina dalam menekan peredaran narkoba.

Wakil Bupati Asahan, H Surya Bsc menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan memiliki komitmen menekan peredaran narkoba di Asahan. Apalagi Asahan sendiri memiliki Pendekar Asahan Urusan Sapu bersih narkoba (Paus) yang telah didanai oleh Pemkab Asahan.

Kunjungan wagubsu ke Asahan tersebut dihadiri oleh Dandim, Danramil, Polres Asahan, OPD terkait, Camat dan undangan lainya. (FR)

Tinggalkan Balasan