Ekspose ILPPD, Bupati Asahan Apresiasia Kinerja OPD

www.negaraonline.com, Asahan -Pemerintah Kabupaten Asahan Gelar Ekspose ILPPD Tahun 2017 dan Pemantapan Pelaksanaan Tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan bagi Aparatur Pemerintah Tahun 2018

Dalam rangka memberikan informasi tentang realisasi pendapatan dan anggaran belanja daerah serta realisasi fisik pelaksanaan pembangunan Tahun 2017 sekaligus sebagai bahan masukan dan evaluasi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pada tahun berikutnya, Pemerintah Kabupaten Asahan melaksanakan kegiatan ekspose ILPPD yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Kisaran. Rabu (21/3/18)

Bupati Asahan, Wakil Bupati Asahan, Plt Sekda Asahan, Ketua TP. PKK, Staf Ahli, Asisten, OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa serta aparatur Pemerintah Kabupaten Asahan turut hadir dalam kegiatan yang diberi tajuk Ekspose Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD) Kabupaten Asahan Tahun 2017 dan Pemantapan Pelaksanaan Tugas Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan bagi Aparatur Pemerintah Tahun 2018.

Plt Sekda Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos., M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini didasari oleh UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Publik, UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, PP No. 3 Tahun 2007 tentang Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah kepada Pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dan kepada Masyarakat serta Perda Kabupaten Asahan No. 4 Tahun 2016 tentang RPJMD Kabupaten Asahan 2016 – 2021. Kegiatan ini juga dilaksanakan menindaklanjuti kegiatan ekspose ILPPD yang telah diedarkan melalui website Pemkab Asahan.

Bupati Asahan Drs. H. Taufan Gama Simatupang, MAP dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Asahan untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan daerah selama satu tahun anggaran.

Dalam ekspose tersebut Bupati Asahan juga menyampaikan bahwa realisasi pendapatan daerah tahun 2017 sebesar Rp. 1.487.878.667.448,12 dan realisasi belanja daerah Rp. 976.834.645.157,50.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan apresiasi atas capaian belanja daerah untuk kebutuhan pembangunan dan kemasyarakatan yang pada tahun 2017 lebih tinggi dari belanja aparatur, dimana belanja aparatur sebesar Rp. 690.438.391.519,50 sedangkan belanja publik Rp. 972.256.467.283,63.

“Hal ini jarang terjadi, dimana biasanya di daerah lain maupun di Kab. Asahan sendiri belanja aparatur acap kali lebih tinggi daripada belanja publik”, ujar Bupati.

Untuk itu, Bupati Asahan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh aparatur pemerintah yang telah bekerja keras dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan dan pembangunan Asahan.

Bupati juga meminta kedepan agar setiap OPD dapat lebih berinovasi dalam merencanakan kegiatan yang akan dilaksanakan kepada masyarakat dengan lebih mengedepankan prinsip tepat waktu, tepat guna dan tepat sasaran.

Lebih lanjut Bupati juga menjelaskan beberapa rencana yang akan dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Asahan dalam rangka menuntaskan program kerja Bupati dan Wakil Bupati Asahan 2016 – 2021 seperti pembangunan infrastruktur, pembangunan kawasan perumahan rakyat, pembangunan kawasan taman kota, jalan usaha tani, dan saluran irigasi serta perbaikan sarana dan prasarana pendukung pariwisata, pembangunan sport center dan Kolam Renang di lokasi Lapangan PSBD Kisaran yang keseluruhannya akan dilaksanakan dengan metode pembangunan 12 dan 13 Kecamatan.

Diakhir acara tersebut, Bupati juga berharap kepada TP. PKK dari mulai tingkatan terkecil agar dapat memberikan saran dan masukan kepada pemerintah tentang pelaksanaan pemerintahan.

Pembangunan dan kemasyarakatan di daerahnya sebagai bentuk fungsi TP. PKK yang merupakan mitra kerja pemerintah. Kegiatan tersebut diakhiri dengan penyerahan SPPT P2 PBB kepada camat yang berhasil meraih target penerimaan PBB diatas 100 %.(FR)

Tinggalkan Balasan