Esai : Siceria Anne Jati Sustrawan

www.negaraonline.com, Bali – Anne Jati Sustrawan adalah gadis kecil yang merupakan anak pertama dari pasangan Anis Ajus dan Sarah Leafbvre. Anis Ajus seorang laki-laki Bali asal Pesaban,Rendang-Karangasem. Sedangkan Sarah Leafbvre adalah perempuan berkebangsaan Amerika. Kedua pasangan muda beda bangsa ini sekarang menetap di Boston.

Anne Jati Sustrawan adalah gadis kecil yang merupakan anak pertama dari pasangan Anis Ajus dan Sarah Leafbvre. Anis Ajus seorang laki-laki Bali asal Pesaban,Rendang-Karangasem. Sedangkan Sarah Leafbvre adalah perempuan berkebangsaan Amerika. Kedua pasangan muda beda bangsa ini sekarang menetap di Boston. Anis Ajus dulu pemain musik di tempat hiburan di kawasan wisata padat pengunjung Candi Dasa. Anak laki-laki dari pegawai Departemen Pertanian Klungkung ini pernah mimpi jadi pegawai negeri sipil juga. Setahun mengabdi sebagai tenaga harian di Kecamatan Dawan pemuda ini tidak lantas langsung diangkat. Banting setir jadi pemusik itu yang dilakukannya ketika itu.
Sarah Leafbvre menikahi Anis Ajus setelah bertemu di rumah seorang teman. Pernikahan adat Bali dilangsungkan di desa Pesaban. Warga dadia Manduang di Pesaban mengundang tokoh PHDI untuk menyaksikan helat pernikahan. Anis Ajus diboyong istrinya Sarah Leafbvre bertolak ke Amerika. Sarah Leafbvre bekerja di Harvard University sedangkan Anis Ajus menumpang menjadi koki di restoran perguruan tinggi terhormat itu. Anne Jati Sustrawan kemudian lahir. Bayi perempuan blasteran ini menyandang nama Jati dari kakek Anis Ajus. Kini anak perempuan itu mulai tumbuh. Wajahnya ceria selalu. Menyambut masa depan yang cerah. Sebagai keturunan Bali-Amerika. Berbahasa ibu Inggris-Amerika. Kita bersama berharap agar tidak lupa bahasa Bali dan Indonesia.

Penulis : I Wayan Budiartawan

 

Tinggalkan Balasan