Forkopimda Melepas Keberangkatan Calon Jamaah Haji Asal Kabupaten Asahan

Negaraonline.com, Asahan – Plt Bupati Asahan, H Surya BSc didampingi Sekda Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi dan Forkopimda melepas keberangkatan calon jamaah haji asal Kabupaten Asahan menuju asrama haji Medan, Sabtu (13/7/19).

Kakankemenag Asahan, H Hayatsyah mengatakan jumlah calon jamaah haji Kabupaten Asahan tahun 1440 H/2019 M sebanyak 400 orang yakni 167 laki laki dan 233 perempuan.

Jamaah akan berangkat pada gelombang I kloter 3 tanggal 13 Juli 2019 sebanyak 387 orang dan kloter 4 tanggal 14 Juli 2019 sebanyak 13 orang bergabung dengan jamaah kota Medan.

Jamaah akan kembali ke tanah air tanggal 25 dan 26 Agustus 2019. Jamaah termuda Muhammad Diffa Akmal bin Kemaldin (19) dari Kecamatan Rahuning, jamaah tertua Nasril bin Dahlan Dulhamid (91) dari Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Plt Asahan dalam pidatonya mengatakan dengan mengatakan laboratorium allahumma labbaik kami melepaskan calon jemaah haji Kabupaten Asahan pada tahun 2019. Kepergian haji adalah perjalanan yang mulia dan mulia karena nilai Allah SWT menjanjikan solar untuk ziarah ke ziarah, ujar H Surya BSc.

Plt Bupati Asahan menyampaikan pesan dan berharap di antara mereka untuk membuat niat untuk melakukan ziarah karena Allah SWT, bukan untuk meningkatkan status sosial di tengah masyarakat, untuk meningkatkan kualitas ziarah ketika di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, wukuf di Arafah, untuk melempar jumroh di Mina dan lainnya.

Melakukan seluruh rangkaian ibadah dengan khusuk, memahami makna dan esensi dari apa yang disampaikan dalam manasik, menjaga kesehatan fisik, tidak sepele, obsesif dan sombong, banyak peziarah di tanah air yang sehat.

Tetapi di tanah suci sakit atau sebaliknya, keselamatan dan kepatuhan dengan jadwal, sikap dan perilaku yang ditetapkan untuk peziarah dari daerah lain dan dari negara lain. Bangsa kita dikenal sopan, ramah dan penuh dengan nilai-nilai persaudaraan, tidak emosional, menggerutu dan kita harus bersabar.

“Saya berharap dan berdoa agar ayah saya akan kembali ke tanah dengan jamaah haji yang bergengsi, lebih tabah dalam beribadah dan menjadi contoh di tengah masyarakat,” kata H Surya.

Memandang ribuan keluarga dan kerabat dengan isak tangis dan air mata untuk membebaskan para peziarah. (Bawadi)

 

Tinggalkan Balasan