Gertam Sangat Rasional Untuk Menanggulangi Lonjakan Harga Cabai

www.negaraonline.com, Asahan – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Ketahanan Pangan melakukan gerakan tanam (Gertam) cabai dipusatkan di dusun II desa Tanah Rakyat Kecamatan Pulo Bandring, Rabu (18/7/18).

Bupati Asahan dalam pidatonya yang dibacakan Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan Gertam merupakan langkah yang sangat rasional untuk menanggulangi lonjakan harga cabai.

Hingga saat ini potensi pemanpaatan lahan pekarangan belum optimal. Kalau masyarakat membiasakan menanam cabai sendiri, tidak mungkin harga cabai mahal.

Cabai merupan komoditas utama penyumbang inflasi, ini dapat kita lihat dari tingginya fluktuasi harga cabai. Harga cabai melonjak diakhir dan awal tahun serta saat penghujan.

Harga cabai juga naik saat ramadhan, idul fitri dan tahun baru. Melalui gertam ini pemerintah mengajak masyarakat memenuhi kebutuhan cabai untuk rumah tangga sendiri.

Untuk mendukung program tersebut Dinas Ketahanan Pangan bersama KRPL desa Tanah Rakyat menanam cabai 25.000 polybag dan setiap rumah diharapkan menanam cabai 20 batang.

Bupati mengharapkan menanam cabai dijadikan sebagai kebutuhan atau gaya hidup. Tingkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk menjadikan gertam sebagai kebutuhan dan gaya hidup.

” Mari bekerja sungguh sungguh sesuai tugas dan fungsi kita masing masing demi terwujudnya visi Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri dalam bingkai iman dan taqwa,” ujar Surya.

Kadis Ketahanan Pangan, Ir Amir Husin Siregar MMA dalam laporannya mengatakan desa Tanah Rakyat mendapatkan 16.000 batang, desa Sukai Damai mendapatkan 3.250 batang dan desa Suka Damai Barat mendapatkan 1.650 batang.

Tampak hadir Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc, Asisten II, Drs Jhon Hardi Nasution, Kadis Ketahanan Pangan Ir Amir Husin Siregar, Ketua TP PKK Asahan, Kepala BI Perwakilan Siantar Elly Tjan, OPD, Camat dan undangan lainnya.(FR)

Tinggalkan Balasan