H.M Syahrial Pimpin Rakor Pra Design dan Penyusunan Master Plan Pembangunan RSU Tipe C Kota Tanjungbalai

www.negaraonline.com, Tanjung Balai – Walikota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH menghadiri sekaligus memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) pembahasan pra design dan rencana pinjaman daerah dalam rangka pembangunan gedung Rumah Sakit Umum (RSU) Tipe C Kota Tanjungbalai di Aula Kantor Wali Kota Kamis Sore (29/11/18).

Rakor yang juga dihadiri Forkopimda Kota Tanjungbalai, Anggota DPRD, Pimpinan OPD, BUMN/BUMD serta Instansi Vertikal.

Dari hasil Pra Design direncanakan Pemko Tanjungbalai akan melakukan Pinjaman Ke PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) yang merupakan Perusahaan BUMN dibawah Kementerian Keuangan.

Rencananya usai Rapat Pra Design ini, Pemko Tanjungbalai akan melakukan Penandatanganan MOU dengan PT. SMI dalam waktu dekat.

Dari hasil kajian Pra Design tersebut direncanakan Pemko Tanjungbalai akan melakukan Peminjaman Daerah ke PT SMI (Persero) sebesar Rp. 146 Miliar dalam jangka waktu peminjaman 5 Tahun, Papar Wali Kota.

Rumah Sakit Umum tipe C yang berlokasi di Jalan Kartini, Kelurahan Sijambi Kecamatan Datuk Bandar direncanakan akan dinaikkan kelasnya menjadi Rumah Sakit Umum (RSUD) kelas B dengan Kapasitas tempat tidur sebanyak 176 buah, yang terdiri dari sembilan blok (gedung) dalam satu kawasan yang luasnya 15.710 M2, berlantai 3 dilengkapi dengan Fasilitas Kesehatan yang moderen seperti Fasilitas Cuci Darah, Scan, IGD, ICU, ICCU, ruang Perkantoran, Parkir, Masjid dan Fasilitas pendukung lainnya, Papar Wali Kota.

Dengan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kelas B ini nantinya mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Tanjungbalai dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kota Tanjungbalai.

Harapannya, dengan dibangunnya Rumah Sakit ini juga dapat menjadi Rumah Sakit Rujukan bagi masyarakat hiterland bagi daerah disekitarnya baik masyarakat Kabupaten Asahan maupun Labuhan Batu Utara, sebut Wali Kota.

Hasil dari penyusunan Master Plan dan Pra Design Pembangunan RSUD Kelas B ini sebagai syarat penting pengajuan Pinjaman ke PT. SMI dan selanjutnya akan meminta Rekomendasi dari Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan.

Kita berharap realisasi pinjaman akan segera terwujud sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat Kota Tanjungbalai, kata Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial.

Sementara itu, para Anggota DPRD yang hadir sangat menyetujui rencana peminjaman daerah yang dilakukan Pemko Tanjungbalai.

Pada dasarnya kami anggota dewan sangat mendukung rencana ini, akan tetapi diharapkan nantinya lebih meningkatkan pelayanan kesehatan terutama tenaga medis dan dokter spesialis sehingga pelayanan kesehatan yang diterima masyarakat Tanjungbalai dan sekitarnya dapat maksimal dan puas, Ujar anggota DPRD Hj. Nessy Ariani.(Irawan)

Tinggalkan Balasan