Honorer Lapor Uang Dijambret Rp 25 Jt, Polisi Sita BB Rp 8 Jt

www.negaraonline.com, Tanjung Balai – Polsek Datuk Bandar berhasil mengamankan dua orang tersangka dalam kasus penjambretan atau Pencurian Dengan Pemberatan (Curat), didua tempat yang berbeda yang terjadi jalan Jend. Sudirman, Km-4, Kel, Pantai Johor, Kec. Datuk Bandar. Senin (12/11/18) kemarin malam.

Akibatnya kejadian tersebut, korban Fitri Yana, (29) Honorer di Dinas Lingkungan Hidup Pemko Tanjungbalai terpaksa melaporkan secara resmi ke Polsek Datuk Bandar, dengan kerugian total uang tunai Rp. 25 juta.

Namun setelah ditangkap kedua tersangka Ibnu Sina(17) warga jalan Umar Damanik, Link. III, Kel. Pantai Burung, Kec. TB-Selatan dan Yudi Syahputra Marpaung(32) warga Dusun IV, Desa Sipaku Area, Kec. Simpang Empat, Kab. Asahan disita barang bukti dua unit sepeda motor, dompet tas warna hitam milik korban, uang tunai Rp. 5.374.000, dan baju serta celana yang dibeli dari hasil jambret.

Baca juga :
http://www.negaraonline.com/sempat-tutup-selama-tiga-hari-sat-pol-pp-asahan-razia-game-zone

Hal ini dikatakan Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai SH SIK didampingi Waka Polres Kompol Edi Bona Sinaga SH melalui Kapolsek Datuk Bandar AKP Ahmad Yani Nasution didampingi Kanit Reskrimnya Ipda Togi Simanjuntak, Kamis (15/11) diruang kerjanya.

Dikatakan Ipda Togi Simanjuntak, setelah mendapat laporan, pihaknya langsung turun ke lokasi dan melakukan pengejaran, sehingga berhasil menangkap pertama sekali tersangka Ibnu Sina, dijalan TPA Baru Ujung, Kel. Pahang, Kec. Datuk Bandar, karena jalan tersebut adalah jalan Buntu, sebutnya

” Dari tersangka Ibnu Sina, personil Polsek Datuk Bandar menyita barang bukti berupa, satu unit sepeda motor R2 merk Vario 150 CC warna hitam tanpa nomor polisi dan uang tunai Rp 5 juta “, Ucapnya.

Tidak sampai disitu, kata Kanit Reskrim Polsek Datuk Bandar lagi, beberapa hari kemudian atau tepatnya dua hari setelah ditangkap TSK pertama.

” Kita mendapat info kembali bahwa, tersangka kedua bernama Yudi Syaputra Marpaung, berada dirumahnya Dusun IV, Desa Sipaku Area, Kec. Simpang Empat Kab. Asahan dan berhasil menciduk nya, petugas menyita barang bukti berupa satu potong kaos dan celana yang baru dibeli serta satu unit sepeda motor tanpa nomor polisi yang telah diperbaiki dari hasil jambret,” Jelasnya.

Baju, celana dan sepeda motor yang diperbaiki kesemuanya adalah hasil jambret yang dilakukan kedua TSK yang sudah dibagi, sehingga total uang yang dihabiskan Yudi, sebesar Rp. 3 juta “, Katanya

Lebih lanjut dikatakan Kanit, pihaknya akan melakukan konprontir antara kedua TSK (Ibnu dan Yudi-Red) dengan korban Fitri Yana yang mengaku kerugiannya Rp. 25 juta, sedangkan dari pengakua kedua tersangka ditemukan barang bukti uang dengan total keseluruhan Rp. 8.375.000 dengan rincian dari TSK Ibnu Sina disita Rp 5.374.000 dan TSK Yudi Rp. 3 juta yang telah habis dipakai, namun bila korban tetap bertahan maka kita tunggu aja hasil sidang pengadilan, bebernya.

Ipda Togi Simanjuntak menambahkan, sekarang kedua tersangka menjalani pemeriksaan secara intensif, dijebloskan kedalam tahanan dan dikenakan Pasal 363 ayat (1) ke 4 Subs pasal 362 dari KUHPidana tentang Pencurian dan pemberatan (Curat) dengan ancaman 7 Tahun penjara.

” Masyarakat jangan memakai barang yang berharga bila tidak diperlukan serta jangan membawa uang yang berlebihan dengan meletakkannya sembarangan tempat yang dapat mengundang tindak kriminalitas, tetaplah berhati hati karena kejahatan selalu mengintai setiap saat “, Imbuh Kanit Reskrim Polsek Datuk Bandar Ipda Togi Simanjuntak mengakhiri.(Irawan)

Tinggalkan Balasan