Ini 7 OPD Penyerapannya Masih Nol Persen

www.negaraonline.com, Asahan – Penyerapan belanja modalnya dari puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Asahan, ada 7 OPD penyerapannya masih nol persen hingga 15 Mei 2018.

Namun secara keseluruh, realisasi penyerapan anggaran 2018 masih 19,55% atau Rp 312 miliar lebih dari target Rp 1,5 triliun lebih.

” Kita yakini, kedepan anggaran akan terus diserap oleh sejumlah OPD karena itu merupakan faktor pendukung dalam mensukseskan visi – misi Pemkab Asahan ini, kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Asset Kabupaten,” ujar Ismet. Selasa (22/5/18)

Ismet menjelasakan terkait penyerapan anggaran yang dilakukan oleh OPD. Ada yang mencapai 90%, namun juga yang masih rendah, dikarenakan pekerjaan dalam proses tender,” katanya.

” Kita yakin kedepan OPD akan banyak menyerap anggaran, untuk mensukseskan visi – misi pemerintahan untuk tahun 2018 ini,” ujar Ismet.

Dari gambaran penyerapan, untuk belanja tidak langsung terserap 23,28% atau sebesar Rp 249 miliar lebih dari anggaran Rp 1 triliun lebih. Sedangkan belanja langsung yang terdiri dari belanja pegawai sebesar 17,58% atau Rp 9,4 miliar lebih dari Rp 53 miliar lebih.

Sementara belanja barang dan jasa sebesar 17,66% atau Rp 49 miliar lebih dari Rp 279 miliar lebih. Untuk belanja modal, hanya bisa terserap sebesar 1,9% atau Rp 3,6 miliar lebih dari anggaran Rp 190 miliar lebih.

Sementara itu, data yang ada pada dinas Pengelola Keuangan dan Asset Pemkab Asahan, OPD yang nol persen belanja modalnya, yakni, Dinas Pendidikan, Dins Kesehatan, RSUD AMS, Akademi Keperawatan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Sosial, dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungn Anak.

Bupati sudah mengingatkan kepada seluruh OPD, untuk segera menyerap anggaran dengan cepat dan baik hingga visi – misi juga perekonomian di Asahan bisa bergerak dan dapat dirasakan oleh masyarakat kita, ucap Ismet.(FR)

Tinggalkan Balasan