Kadis Dukcapil Diminta Tingkatkan Kinerja Para Petugas Pelayanan

www.negaraonline.com, Asahan – Banyak masyarakat yang mengurus Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP el) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Asahan mengeluh.

Untuk mencari tahu kenapa pengurusan KTP el terlalu lama, Wakil Bupati Asahan H Surya BSc didampingi Inspektur Zulkarnain Nasution SH, Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu H Darwin Idris Nasution SH MAP serta Kadiskominfo Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Disdukcapil. Jumat (25/5/18).

Kadis Dukcapil, Muhammad Rais SH kepada Wakil Bupati Asahan menjelaskan bahwa keterlambatan pengurusan KTP el diakibatkan jaringan lelet dan koneksi server antara Disdukcapil Asahan dan Pusat terputus.

H Surya langsung mengecek seluruh proses pengurusan dan pembuatan KTP-el, mulai dari penerimaan berkas hingga penyerahan KTP-el kepada masyarakat.

Setelah mendengar penjelasan dari Kadisdukcapil dan mengecek pembuatan KTP el, Surya mengakui salah satu penyebab terganggunya kelancaran proses pengurusan dan pembuatan KTP el akibat jaringan lelet dan koneksi server antara Disdukcapil dan Pusat sering terputus.

Selain akibat teknis, sistem kerja petugas dalam menyusun blangko KTP-el yang telah selesai dicetak kurang baik, sehingga terlalu lama mencari untuk diserahkan kepada pemohon.

Surya meminta kepada Kadisdukcapil agar meningkatkan kinerja para petugas pelayanan.

Kepada Surya mengharapkan agar dicari solusi untuk memecahkan persoalan jaringan yang lelet, sehingga proses pengiriman/penerimaan data ke server Pusat menjadi lancar.

“Saya berharap, persoalan jaringan ini bisa diselesaikan dengan cepat. Jangan sampai pelayanan pengurusan dan pembuatan KTP-el terlalu lama,” ujar Surya.

Muhammad Rais berjanji akan mencari solusi dalam menangani masalah jaringan dan Rais juga akan meningkatkan kinerja para stafnya, sehingga proses pengurusan dan pembuatan KTP-el lebih lancar. (FR)

Tinggalkan Balasan