Kadis Kominfo : Wartawan Tidak Perlu Ditakuti Dan Dihindari

Negaraonline.com, Asahan Pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi masyarakat yang melaksanakan kegiatan jurnalistik meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, data, grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, elektronik, online dan saluran yang tersedia.

Hal tersebut dikatakan Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar S.Sos MSi saat membuka Diklat Jurnalistik yang diadakan media Asahan Aspos Nusantara diaula Hotel Safitri Kisaran, Kamis (14/3/19).

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Kadis Kominfo menyebutkan salah satu perwujudan kemerdekaan RI adalah kemerdekaan mengeluarkan pendapat dan pikiran baik lisan maupun tulisan sesuai pasal 28 UUD 1945.

” Akan tetapi dalam melaksanakan fungsi, hak, kewajiban dan perannya, pers wajib menghormati hak azasi setiap orang, sesuai UU No 40 tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.” Jelas Dayat.

Wartawan adalah orang yang secara teratur melaksanakan kegiatan jurnalistik. Sampaikan informasi yang benar berdasarkan fakta, aktual, lengkap, akurat dan berimbang.

Kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dalam memberikan informasi dan dokumentasi yang akan disajikan dalam advertorial maupun advertorial khusus oleh pihak media sebagai konsumsi informasi yang mudah diakses masyarakat.

Harapan Kadis Kominfo melalui diklat yang laksanakan dapat memberikan pemahaman kepada instansi pemerintah, perusahaan dan masyarakat luas bahwa wartawan tidak perlu ditakuti dan dihindari, karena wartawan adalah sahabat semua kalangan, jelas Dayat.

Mantan Camat Kisaran Timur mengimbau kepada seluruh masyarakat agar ikut mensukseskan Pemilu serentak Legislatif dan Presiden tanggal 17 April 2019. “Jaga keamanan dan kondusifitas, datanglah ke TPS gunakan hak pilih dengan baik dan benar, jangan Golput.” Ungkap Dayat.

Hadir Kadis Kominfo, H Rahmat Hidayat Siregar S.Sos MSi, Kabid Media Cetak dan Elektronik, AA Tanjung SE, Ketua PWI Asahan, Indra Sikumbang, SH, Pemred Aspos Nusantara, Indra Tampubolon SH, Pimpinan Perusahaan, Efendy, Kabiro dan wartawan se Sumut.

Sementara itu, Ketua Panitia, Perdana Ramadhan menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pencerahan kepada jurnalis khususnya Media Aspos Nusantara tentang bagaimana menyikapai perkembangan teknologi kaitannya dengan jurnalis saat ini. ( Bawadi )

 

Tinggalkan Balasan