Kenang Saat Berperang, Warga Tumpah Ruah Tonton Perang Api

www.negaraonline.com, Bone – Lautan Manusia Serbu Desa Pongka kecamatan Tellusiattingnge kabupaten Bone Sulawesi Selatan. Dengan menggunakan kenderaan roda 2 dan 4 memenuhi lapangan sepak bola Petta Mabbaranie. Rabu(3/10 /18) pukul 19.00 WITA.

Tak pandang usia dari yang muda hingga tua semua berbaur untuk menyaksikan pesta rakyat SirawuI Sulo( Perang Api ) yang diadakan sekali dalam 3 tahun sebagai peringatan dan menyambut kemenangan Petta Mabbaranie pada masa kejayaannya dulu melawan, setiap menyerang kerajaan Pongka hanya dengan perang api.

Pesta Rakyat Sirawu Sulo merupakan satu ikon desa Pongka khususnya kabupaten Bone umumnya dan ini perlu mendapat perhatian serius pemerintah kabupaten Bone lewat dinas pariwisata.

Dedih (25) aktivis yang datang untuk menyaksikan Pesta Sirawu Sulo ini, sangat mengharapkan pemerintah untuk membangun akses jalan ke lokasi ini demi kenyamanan pengunjung yang notabene bukan hanya dari warga sekitarnya.

“Ada pengunjung dari wilayah lainnya di propinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat,” jelas Dedih menutup pembicaraan kepada media ini.(Iwan Hammer)

 

Tinggalkan Balasan