Ketua PWI : Nilai Foto Berimbang Dengan Naskah Berita

www.negaraonline.com, Asahan – Pada zaman pemerintahan orde baru, para jurnalistik hanya diperbolehkan menulis segala yang baik terkait pemerintahan, demikian isi pidato Bupati Asahan yang dibacakan Kabid Media Cetak dan Elektronik Diskominfo Asahan, Arbin Tanjung SE saat acara workshop foto jurnalistik yang digelar PWI Asahan di hotel Antariksa Kisaran, Sabtu (5/5).

Namun sejak reformasi, tahun 1998 para jurnalistik bebas mengeluarkan pendapat, bebas menulis gagasan dan bebas menyiarkan hal hal yang dianggap perlu untuk diketahui masyarakat luas sesuai UU No 40 tahun 1999 tentang Pers.

Saat ini pers dianggap poros informasi yang mudah dan cepat diakses dengan biaya murah.

Pers berfungsi dalam pembentukan opini publik yang berpengaruh pada naik atau turunnya pandangan masyarakat terhadap baik buruknya kinerja pemerintah.

Pers diharapkan mampu menyajikan berita dan foto yang edukatif kepada masyarakat untuk meningkatkan parsipatif dalam proses pembangunan demi terwujudnya visi Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri.

Ketua pewarta foto indonesia kota Medan, Rahmad Suryadi selaku nara sumber menyampaikan foto jurnalistik harus berpedoman pada 5W1H yakni what, why, who, where, when dan how.

Tehnik foto jurnalistik harus memenuhi unsur ide, latar belakang, sumber daya manusia, lokasi dan assembly.

Peraturan dan etika foto jurnalistik diantaranya gangguan atas pengambilan foto dimana hak privacy seseorang memang diperlukan, penggunaan foto untuk kepentingan sebuah produk tertentu, sepihak sehingga menyebabkan seseorang terlihat buruk, pengambilan foto yang memang terjadi akan tetapi foto tersebut bersifat pribadi atau bisa memalukan seseorang.

Beberapa lokasi pengambilan foto diantaranya tempat umum, gedung pemerintahan umum yang mempunyai aturan khusus, ruang pengadilan dan lainnya.

Dalam sambutan ketua Persatuan Wartawan Indonesia(PWI) Kabupaten Asahan, Indra Sikumbang menyebutkan bahwa nilai foto berimbang dengan naskah berita.” Berita tanpa foto, ibarat makanan tidak berharap,” sebut Indra.

Indra Sikumbang SH mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang selalu mendukung kegiatan.

“Terima kasih juga disampaikan kepada puluhan insan pers, baik dari media cetak, elektronik dan online yang telah hadir,” ujar Indra.(FR)

Tinggalkan Balasan