KPU Karo Sosialisasi Penyelenggaraan Pemilu Pileg & Pilpres 2019 Bersama Stakeholder

Negaraonline.com, Karo – KPU Kabupaten Karo mengundang para perwakilan masing-masing partai se Kabupaten Karo, perwakilan organisasi kepemudaan, perwakilan dari Dinas Dukcapil, Kesbangpol, Bawaslu Kabupaten Karo, LSM, dan insan pers dalam acara sosialisasi kepada stakeholder tentang penyelenggaraan Pemilu Pileg dan Pilpres tahun 2019, bertempat di ruang Aula Suite pakar hotel Berastagi jumat (05/04/19) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam arahannya Ketua Komisioner KPU Kabupaten Karo Gemar tarigan SH mengatakan “tahapan yang telah diamanatkan oleh KPU RI sudah sewajibnya kami dari KPU kabupaten Karo melakukan pertemuan ini dalam rangka sosialisasi menyatukan persepsi dengan para stakeholder dan ini semua bermuara untuk suksesi pemilu 17 april 2019 mendatang, agar teman-teman dari semua stageholder mengerti dan memahami apa yang menjadi tugas-tugas dan tahapan yang harus dilakukan oleh KPU dan Bawaslu,” ujarnya.

Tambahnya lagi , “ada atau tidak formulir C6 dipastikan bisa mencoblos, dengan syarat sudah terdaftar dalam DPT (daftar pemilih tetap) namun harus juga dipastikan bahwa orang tersebut adalah orang yang sebenarnya, karna C6 hanya sebagai pemberitahuan bukan sebagai persyaratan dan hanya sebuah informasi di TPS mana harus memilih, KPU Karo juga sudah menghimbau kepada para PPK dan PPS agar jangan sampai ada desa yg tidak didatangi untuk melakukan sosialisasi begitu juga dengan lembaga lain seperti LSM, Ormas dan pengurus setiap partai agar mari bersama sama hadirkan kami untuk menjadi nara sumber,” beber Gemar Tarigan.

Dalam kesempatan tersebut para peserta dari Stakeholder secara bergantian mengajukan beberapa item pertanyaan pertanyaan yang menyangkut proses pendataan DPT, proses pencoblosan hingga proses penghitungan suara dan lain lain.

Acara berjalan alot dan seluruh pertanyaan yang diajukan peserta yang hadir, disambut dan dijawab secara langsung oleh Ketua Komisioner KPU Karo Gemar Tarigan SH.

KPU Karo juga berharap kepada para peserta pemilih seperti lansia atau pun yang tidak paham membaca dan tuna netra agar sebelum masuk ke TPS, minta pendampingan dari keluarga masing-masing untuk disosialisasikan terlebih dahulu bagaimana cara mencoblos ke lima kertas surat suara dan melakukan sosialisasi dengan contoh surat suara yang ada di luar lokasi TPS masing-masing.

Bawaslu Kabupaten Karo yang diwakili oleh Nggeluh Sembiring SH menanggapi dan mengapresiasi yang sudah dilakukan oleh KPU kab karo, agar menjadi masukan juga bagi KPU dan Disdukcapil dalam mengajak dan mensosialisasikan kepada keluarga terkait tata cara pemilihan dan jadikanlah ini menjadi pendidikan politik dikabupaten karo ini, agar mendapat nilai standard terkait pendidikan politik untuk menentukan Peminpin nya dikemudian hari,” terangnya.

Marilah kita berinovasi, berkreatif bagaimana cara berpolitik yang baik dan santun idalam mempergunakan hak pilih kita, saya juga turut mengucapkan terima kasih kepada semua yang hadir dalam kesempatan ini, semoga menjadi leading sektor KPU kabupaten Karo untuk mensukseskan dan mencapai target 77,5% Skala nasional,” pungkas Sembiring mengahiri. (Daris Kaban)

Tinggalkan Balasan