Kunker Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Berikan Apresiasi Kepada Pemkab Asahan

Negaraonline.comAsahan – Tim pembina dan verifikasi Kabupaten Sehat Propinsi Sumatera Utara, rombongan melakukan kunjungan kerja ke Asahan. Kehadiran tim langsung disambut Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc di aula Melati Kantor Bupati Asahan, Jum’at (8/2/19).

Ketua tim verifikasi Kabupaten Sehat Provinsi Sumatera Utara, Rusdin Pinem SKM MSi memberikan apresiasi kepada Kabupaten Asahan yang telah ikut dalam program Kabupaten Sehat dan menjadi yang pertama dalam mengikuti Kabupaten Sehat pada tahun 2019 untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Rusdin Pinem menyampaikan beberapa hal diantaranya harus bersinergi antara Forum Kabupaten Sehat dan tim pembina untuk mendorong Kabupaten Asahan menjadi Kabupaten Sehat.

” Merangkul seluruh elemen masyarakat untuk mencapai KabupatenAsahan menjadi Kabupaten Sehat sesuai dengan yang diharapkan. Melengkapi dokumen yang mendukung dan dibutuhkan untuk Kabupaten Sehat.” Sebut Ruspin Pinem.

Wakil Bupati Asahan bersama Sekretaris Daerah, Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi, Ketua Forum Kabupaten Sehat Asahan, Humaidi Syamsuri Pane, Ketua TP PKK, Hj Winda Fitrika, OPD dan Camat.

Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan sesuai peraturan bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan No 34/2005 dan No 1138/Menkes/PB/VIII/2005 tentang pedoman penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat.

Lebih lanjut dikatan Surya, yang dimaksud dengan Kab/Kota sehat adalah suatu kondisi Kab/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah untuk penyelenggaraan Kab/Kota sehat.

Kabupaten Asahan tahun 2019 mendapatkan predikat sehat di 2 tatanan yakni pemukiman dan sarana prasarana sehat dan kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri.

” Sesuai visi misi Pemkab Asahan dimana Kabupaten sehat memenuhi kriteria yang ditetapkan akan diberi penghargaan Swastika Saba tingkat padapa”, ujar Surya.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Asahan sekaligus pembina Forum Kabupaten Sehat, Drs H Zainal Aripin Sinaga, MH dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Asahan, H Humaidi Syamsuri Pane menyampaikan ekpos. (FR)

 

 

 

Tinggalkan Balasan