Langkah Polri Atasi Pergerakan KKB

Papua, Negara Online – Akhir-akhir ini Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) semakin brutal dalam melancangkan aksinya, tidak hanya anggota yang bertugas yang menjadi sasaran namun warga sipil di kawasan Tembagapura ikut terkena imbas dari aksi KKB.

Untuk meredam gejolak yang ditimbulkan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), pemerintah daerah bersama TNI-POLRI melakukan pendekatan persuasif.

Kapolri Jenderal Pol. M. Tito Karnavian mengatakan, bahwa saat ini pemerintah sedang melakukan upaya interaksi dengan para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat untuk mencari solusi dalam mengatasi situasi saat ini.

“Langkah yang kita lakukan adalah langkah persuasif, negosiasi dengan mengutamakan mencari solusi, berdialog dengan tokoh-tokoh masyarakat tokoh adat tokoh gereja dan lain-lain,” ujar Kapolri.

Menurutnya, motif utama dari Kelompok tersebut adalah terkait ekonomi. Oleh karena itu pendekatan utama yang harus dilakukan pemerintah adalah soal kesejahteraan.

“Saya mantan Kapolda Papua selama dua tahun waktu Papua masih satu provinsi jadi saya paham betul juga dengan kelompok-kelompok ini. Yang intinya motif mereka utamanya adalah masalah ekonomi. Maka dari itu pendekatan kesejahteraan yang kita lakukan,” terangnya.

Selain itu, orang nomor satu di institusi Polri ini menyarankan agar negara dapat mengambil tindakan-tindakan dalam rangka menegakkan kembali ketertiban keamanan dan penegakan hukum yang ada di Papua.

“Artinya ketika langkah-langkah persuasif tidak bisa ketemu atau deadlock. Maka tidak ada jalan lain negara perlu melakukan tindakan-tindakan dalam rangka menegakkan kembali ketertiban keamanan, dan penegakan hukum,” pungkasnya.(Red/vi/lm/rp)

Tinggalkan Balasan