Loloh Sembung Adalah Obat Tradisional Suku Bali

www.negaraonline.com, Bali – Loloh sembung mengandung anti oksidan dan anti bakteri, demikian dilaporkan oleh kalangan peneliti Universitas Dhyana Pura. Tidak diragukan lagi obat “balian” seperti loloh sembung ini memang mempunyai khasiat obat yang dapat menyembuhkan penyakit.

Suku Bali menggunakan tenaga penyembuh yang disebut “balian”. Di masa kini putera dan puteri Bali memasuki perguruan tinggi untuk mempelajari obat-obatan modern.

Mereka telah menemukan bukti-bukti ilmiah yang dapat dipertanggungjawabkan bahwa loloh sembung milik suku Bali mengandung apa yang disebut sebagai anti oksidan dan anti bakteri.

Pengobatan tradisional oleh “balian” sangat mistis sifatnya. Dukun memanggil roh-roh leluhur untuk menyembuhkan pasien alias si sakit.

Dukun atau “balian” tadi kemudian meminumkan loloh sembung sebagai obat. Tetapi Universitas Dhyana Pura menggunakan tenaga-tenaga ilmiah untuk melakukan kajian tentang mengapa loloh sembung dapat menyembuhkan penyakit seperti apa yang dipercaya oleh para “balian” pada masyarakat tradisional suku Bali.

Tanaman sembung adalah contoh kekayaan hayati yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Dengan ditemukannya kandungan anti oksidan dan anti bakteri pada daun sembung oleh para sarjana, tentu bisa menambah khazanah ilmu pengetahuan.

Tanaman sembung menjadi tanaman yang langka. Tanaman sembung perlu dilestarikan agar tidak punah.

Penulis : I Wayan Budiartawan

Tinggalkan Balasan