Mau Lihat Naga Berlomba, Datang Kesungai Sei Silo

Tanjungbalai, Negara Online – Menyambut Hari Armada 2017, Pangakalan TNI AL Tanjung Balai Asahan (Lanal TBA) melaksanakan Kegiatan Perlombaan Dayung Perahu Naga, yang diikuti sebanyak 16 Siswa Tingkat Menengah Atas Sederajat, Sabtu (19/11).

Acara dilaksanakan di Sungai Sei Silo, Kota Tanjungbalai, turut hadir pada giat tersebut, Walikota Tanjungbalai, Danlanal TBA, Kapolres Tanjungbalai, Ketua PN TBA, Kalapas TBA, Katua PN Agama, Danki Brimob Kompi III detasemen B Poldasu Kota Tanjungbalai dan undangan.

Ketua Panitia Kapten Laut (P) Philipus Esau Sakliressy dalam laporannya mengaku, kegiatan perlombaan dayung perahu naga yang dilaksanakan ini hari, sesuai telegram dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) bernomor : 233/SPER/2017 Twu.1020.1826 Tentang Pelaksanaan Hari Armada 2017, dengan tujuan, menumbuh kembangkan semangat jiwa Bahari dari Pemuda Indonesia khususnya Siswa SMA sederajat diwilayah hukum kota Tanjungbalai, Ungkapnya.

Philipus Esau Sakliressy mengaku, adapun sekolah yang megikuti pertandingan Lomba dayung perahu naga sebanyak 16 sekolah diantaranya : SMAN1, SMAN3, SMAN5 dan SMA Sisinga Mangaraja menurunkan satu Tim, SMAN2, SMAN4 dan SMAN6 masing masing menurunkan dua tim sedangkan untuk SMAN7 menurunkan tiga tim.

Sementara untuk SMKN3, SMKN5, SMKN6, dan SMK Karya Utama serta Perguruan Daar Alfalah menurunkan satu tim, SMKN1, SMKN2 menurunkan dua tim, sedangkan Mas Alwasliyah menurunkan tiga tim, Sebutnya.

Sedangkan pertandingan menggunakan sistem gugur dan seluruh tim dibagi menjadi tujuh grub dengan jarak tempuh melawan arus 300 meter,” Untuk pemenang pertama diberikan uang pembinaan sebesar 4 Juta, juara II diberi 3,5 Juta juara III diberikan 3 Juta dan terakhir juara IV diberikan Rp. 2 Juta rupiah “, Tutup ketua panitia dalam laporannya.

Fredy Ketua Koni Tanjungbalai mengucapkan terima kasih atas kerjasama yang dilakukan Danlanal TBA namun dirinya berharap agar TNI AL tetap menghidupkan olag raga dayung ini, karena sudah tiga (3) Tahun Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (Podsi) dikota Kerang ini tidak aktif alias pakum,” Dengan Giat ini mudah mudahan Atlet dayung dapat kembali bangkit”, Ucapnya.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah SE dalam sambutannya mengatakan, Perlombaan Dayung Perahu Naga ini dilaksanakan menyambut Hari Armada Tahun 2017 yang puncaknya diadakan di Surabaya pada 5 Desember 2017 mendatang, serta Lanal TBA yang merupakan salah satu dari unsur Sistem Penjaga Terpadu, sehingga harus terlibat dalam giat ini, Ungkapnya.

Bagus Badari Amarullah juga mengaku, sambut hari Armada 2017, selain lomba dayung perahu naga, kita juga sebelumnya melaksanakan Donor darah, bersih, bersih disungai asahan dan pantai Amor, serta akan melaksanakan pertandingan Volly pada tanggal 24 Nov sampai 3 Des 2017 memperebutkan piala Dalanal CUP, digelar dilapangan Sultan Abdul Rahmadsyah, Ungkapnya

Bagus mengaku, adanya permintaan untuk mengaktifkan kembali Atlet Dayung yang telah tiga tahun belakangan pakum dan pada pesta danau toba tahun lalu juga kota kerang ini tidak menurunkan atletnya,” Insya Allah tahun depan dan berikutnya atlet dayung kota Tanjungbalai dapat bangkit kembali dikarenakan perahu naga kita punya, media sarana seperti sungai kita ada, tinggal bagaimana menghidupkannya, dan ini sangat bermamfaat, dalam membangkitkan olahraga bahari serta Parawisata, seperti contohnua dikota Palembang, Tuturnya.

Diakhir sambutan Letkol Laut (P) Bagus Badari Amarullah SE mengucapkan terima kasih atas partisipasi yang diberikan baik moril maupun meteril yang telah mendukung terlaksananya kegiatan ini terutama pada Walikota Tanjungbalai, Katanya melanjutkan,” Bila ada oknum yang mengaku ngaku atau sms dengan membawa nama Danlanal atau dirinya, tolong hubungi pihaknya agar tidak tertipu”, Pungkasnya menghimbau.

Sebelumnya Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH, MH mengatakan, agar panitia perlombaan segera menyeleksi pedayung yang berbakat dan berpotensi untuk dikirim ke kota Surabaya mengikuti pertandingan tingkat provinsi,” ini catatan Pemerintah Kota bagi Atlet Dayung dan kita akan aktifkan, serta tahun 2017 akan dianggarkan pertahunnya program kegiatan pelatihan dibawah pengawasan Lanal TBA mencari bibit unggul pedayung Perahu,” jelasnya.

Untuk para anak anak didik yang berlomba kata HM Syahrial lagi, agar tetap menjaga kekompakan, keselamatan dan menjaga sportifitas dengan tidak mengejek teman yang kalah, serta mudah mudahan giat ini menjauhkan dan menghindari Narkoba,” yang menang terus berlatih yang kalah jangan sedih namun menjadi motivasi dan memacu diri untuk event berikutnya”, Pungkasnya menutup.(Irawan)

Tinggalkan Balasan