Mengurangi Tambahan Debit Sampah, Pemkab Aceh Utara Resmikan TPS3R Di Rayak Kuta

www.negaraonline.com, Aceh Utara – Sampah yang merupakan Permasalahan Nasional dan Daerah yang semakin hari semakin meningkat dan apabila tidak terus di tanggulangi akan menjadi permasalah terbesar untuk jangka panjang.

Berdasarkan data dari dinas lingkungan hidup dan kebersihan (DLHK) aceh Utara menyebutkan timbunan sampah perhari nya mencapai mencapai 296 ton dan pertahunnya 108.312 ton yang dapat ditangani oleh Dinas LHK melalui 26 Truck dari sampah lbu Kota Kecamatan masing-masing 4 Ton per truck sebanyak 104 ton perhari yang terangkut ke TPA Teupin Keube dan tersisa 192 ton masih berada di TPS dan pemukiman Masyarakat.

Baca juga http://www.negaraonline.com/sebelum-terjadi-hal-yang-tidak-diinginkan-ketua-fpi-dan-ketua-mui-minta-polisi-mendengarkan-aspirasi-masyarakat

Jika kondisi ini tidak ditangani segera, timbunan sampah akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan masyarakat seperti menjadi sarang nyamuk, tikus, lalat, dan pencemaran lingkungan.

Menyingkapi hal tersebut pemerintah terus berupaya untuk mengurangi dan menanggulangi permasalahan sampah, seperti mendirikan TPS3R di desa Rayek kuta Kecamatan Tanah Luas. Dalam acara persmian tersebut. Rabu (30/10/18).

Kepala DLHK Facruradi, SH mengatakan Dalam upaya menanggulangi permasalahan sampah, Pemkab Aceh Utara melalui DLHK terus melakukan upaya-upaya untuk pengurangan dan penanganan sampah secara Optimal.

Disamping itu juga rendahnya partisipasi dan keterlibatan langsung dari masyarakat dalam pengelolaan sampah zero waste sebagaimana yang diharapkan oleh UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang pengelolaan sampah.

Sementara itu wakil Bupati Aceh Utara Fauzi Yusuf yang dimintai keterangan nya oleh media ini mengatakan Pemilihan tempat di Desa ini berdasarkan pemenuhan kriteria dari hasil survei yang dilakukan oleh Dinas LHK Aceh Utara pada kecamatan wilayah Barat dan Tengah beberapa waktu yang lalu dan dilanjutkan survei kriteria oleh Tim Satker PPK PSPLP Persampahan Perwakilan Aceh.

Pembangunan TPS3R ini kita lakukan pada lahan seluas 200 M2 lahan ini berasal dari hibah masyarakat Gampong Rayeuk Kuta kepada Pemkab Aceh Utara dan akan dikelola nantinya oleh masyarakat Gampong maupun Kelompok Swadaya Masyarakat , ucap wakil bupati.(Syahrul)

Tinggalkan Balasan