Meski Terkumpul 808 Juta Potensi Zakat Ada Belum Memenuhi Kewajiban

www.negaraonline.com, Asahan – Pejabat dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan Pemkab Asahan tahun 2018 kumpulkan zakat sebesar Rp 808.663.000, demikian isi pidato Bupati Asahan yang dibacakan Wakil Bupati Asahan, H Surya BSc dipendopo rumah dinas. Minggu (10/6/18).

Lebih lanjut Wabup mengatakan Allah SWT menciptakan manusia berbeda beda, begitu juga dengan rezeki. Hal tersebut bertujuan agar manusia saling berbagi dan saling mengasihi.

Zakat merupakan salah satu ibadah pokok yang menjadi kewajiban bagi setiap individu maupun badan yang memiliki harta.

Sejak tahun 2011 Pemkab Asahan menginstruksikan kepada seluruh PNS untuk mengeluarkan zakat penghasilan (profesi) yang disalurkan melalau Baznas dan hingga Juni 2018 telah terkumpul sebesar Rp 17,5 milyar lebih. “Ini belum maksimal sebab masih ada potensi zakat yang belum memenuhi kewajibannya,” sebut Surya.

Apabila potensi zakat yang berasal dari muzaki dapat dihimpun dan dikelola secara profesional, transparan dan tepat sasaran akan menjadi alternatif untuk menyelesaikan berbagai masalah, misalnya pementasan kemiskinan.

Dengan pemahaman yang benar, maka kesadaran masyarakat untuk mengeluarkan zakat akan meningkatkan, namun harus dibarengi dengan pengelolaan zakat yang profesional dan tepat sasaran agar kelembagaan zakat dari pusat hingga ke daerah dipercaya masyarakat.

Amatan awak media ini, tampak hadir Wabup, Forkopimda, MUI, Kakankemenag, Imtaq, Pj Sekda, OPD, Camat dan undangan lainnya. (FR)

Tinggalkan Balasan