Nilai SAKIP B, Tahun 2019 Pemkab Asahan Menargetkan Nilai BB

Negaraonline.com, Asahan – Laporan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2018, yang dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) dan Reformasi Birokrasi (RB) Republik Indonesia, berhasil meraih nilai B.

Sekda Taufik ZA mewakili Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Syafrudin, diserahkan pada acara penyerahan hasil evaluasi Akuntabilitas Pemda Wilayah I di Hotel The Luxury Bandung, meliputi wilayah Sumatera, Banten dan Jawa Barat, Senin (28/1/19) kemarin.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP melalui Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar kepada mengatakan, jika prestasi tersebut merupakan kerja keras pemerintahan daerah yang dipimpin Bupati Drs H Taufan Gama Simatupang bersama Wabup H Surya Bsc.

Menurut Kadis Kominfo, penghargaan tersebut menandakan pelayanan publik di Kabupaten Asahan semakin baik sehingga ke depan harus benar-benar terfokus pada pemanfaatan anggaran yang lebih efektif dalam memajukan daerah.

Lebih lanjut dikatakan  Dayat, SAKIP mendapat nilai B adalah indikator terhadap keberhasilan pencapaian kinerja pemerintah daerah mulai dari pejabat eselon II, III, IV hingga staf, termasuk kinerja Bupati dan Wakil Bupati yang semakin transparan dan akuntabel.

“Target-target yang terencana dalam program dan kegiatan harus benar-benar bermuara pada masyarakat, jangan sampai ada anggaran yang mubajir sebab aparatur memiliki ukuran yang jelas dalam pemanfaatannya. Termasuk perencanaan dan evaluasi program dan kegiatan pemerintahan daerah yang semakin baik,” kata Dayat.

Pada tahun 2019 diharap Pemerintah Kabupaten Asahan menargetkan dapat meraih nilai BB seiring dengan inovasi yang mampu diciptakan oleh seluruh aparatur secara bersama-sama dalam rangka mendukung kinerja pemerintahan daerah yang harus bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.(FR)

Tinggalkan Balasan