Panen Perdana Seluas 80 Ha, H.M Syahrial : Terima Kasih Buat Para Pahlawan Pangan

Negaraonline.com, Tanjung Balai : Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial SH,MH melakukan panen perdana padi di Persawahan seluas 80 Hektare (Ha) di Jalan Pasar VII, Lingkungan V, Kelurahan Sijambi, Kecamatan Datuk Bandar, Kamis Pagi (1/2/19).

Hadir mendampingi Wali Kota Tanjungbalai, Mewakili Kapolres Tanjungbalai AKP. Ahmad Yani Kapolsek Datuk Bandar, Kasdim 0208/AS Mayor Inf M.N Simanjuntak, Kadis Pertanian drh. Muslim, para pimpinan OPD serta para petani setempat.

Acara temu lapang dan panen perdana padi sawah tahun 2019 diikuti 120 yang terdiri dari Ketua Kelompok Tani, Ketua Gapoktan, petani sawah dari dua Kecamatan yakni Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur.

Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial, menyampaikan, Kota Tanjungbalai saat ini memiliki areal persawahan kurang lebih 101 Ha yang digunakan untuk areal pertanaman padi.

Sedangkan areal lainnya (Bukan sawah, red.) kurang lebih 2.294 Ha ditanami palawija (Jagung, Ubi Kayu, Kedelai dan Sayur-sayuran, red.).

“Dengan kondisi pertanian kita saat ini, saya berharap kepada para petani agar memanfatkan hasil produksi panen padinya lebih berkualitas, sehingga bisa meningkatkan pendapatan bagi para petani itu sendiri.” Terang Wali Kota.

Harapkan Wali Kota, kepada para petani agar tetap semangat,” karena petani adalah pahlawan pangan kita, saya ucapkan terimakasih buat seluruh petani di Kota Tanjungbalai kalian adalah pahlawan pangan kami,” ujar Wali Kota.

H.M Syahrial juga menghimbau kepada para petani agar dapat lebih bersemangat serta maksimal dalam melakukan pekerjaan sebagai petani, supaya nanti hasil panen padinya bagus. “Mudah-mudahan kedepan produksi padi bisa lebih maksimal ,” kata Walikota.

Wali Kota H.M Syahrial menambahkan, dengan kegiatan panen perdana ini masyarakat diharapkan bisa meningkatkan kualitas produksi. Selain itu, katanya, bercocok tanam dengan bibit yang baik agar kehidupan petani sejahtera.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muslim, mengatakan, kebijakan mendukung sektor pertanian di Tanjungbalai sudah dilakukan sosialisasi dan penyuluhan serta pemberian alat mesin pertanian dan pembangunan jaringan irigasi.” Pada panen perdana kali ini, dari 80 Ha lahan pertanian padi menghasilkan 496 Ton, dengan rincian 6.2 Ton/Ha,” tuturnya.

Dijelaskan lagi, pada tahun 2018 yang lalu Pemerintah telah memberikan bantuan dalam peningkatan keberhasilan pertanian yakni, Bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) berupa Hand Tractor 2 Unit dan 1 Unit Power Theser serta Bantuan Benih Padi untuk pertanaman seluas 30 Ha.

Selanjutnya pada tahun 2019 ini, Dinas Ketahanan Pangan Kota Tanjungbalai melaksanakan kegiatan Pengembangan Diversifikasi Tanaman yakni Bantuan Benih Sayuran, Tanaman Buah, Sayuran dan Obat-obatan di Pekarangan melalui Program Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan tanaman buah-buahan kepada masyarakat, Papar Kadis Ketahanan Pangan drh. Muslim menutup. (Bawadi/Irawan)

Tinggalkan Balasan