Partisipasi Masyarakat Untuk Secara Bersama Ikut Mengawasi

www.negaraonline.com, Asahan – mewujudkan Pilgubsu Tahun 2018 yang Luber – Jurdil, Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwaslihcam) Kisaran Timur melaksanakan sosialisasi pengawasan parsitipatif kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Kisaran Timur, Senin malam (5/3/18) di halaman Sekretariatnya Jalan Pembangunan II Kisaran.

Ketua Panwaslih Kabupaten Asahan M. Irfan Islami Rambe, S.H., M.Kn. dalam sambutannya mengatakan, untuk mewujudkan Pemilihan yang sesuai dengan azas Pemilu diperlukan partisipasi masyarakat untuk secara bersama ikut mengawasi tahapan Pemilihan, agar dapat menghasilkan pemimpin yang baik.

Menurut Irfan, rasio perbandingan petugas Panwaslih yang bertugas mengawasi seluruh tahapan Pemilu tidak berimbang jika dibandingkan dengan jumlah penduduk dan kemungkinan pelanggaran yang akan terjadi pada Pemilihan, untuk itu diperlukan partisipasi masyarakat dalam pengawasi seluruh tahapan.

Sebagai narasumber, M. Irfan meminta kepada masyarakat terutama di wilayah Kecamatan Kisaran Timur untuk turut mengawasi proses pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2018 dan melaporkan ke Panwaslih jika menemukan dugaan pelanggaran.

“Laporkan ke Panwas jika melihat terjadinya pelanggaran, apalagi pelanggaran politik uang, bisa dipidanakan baik yang memberi dan yang menerima,” kata M. Irfan sambil memberikan contoh jenis pelanggaran.

Pada kesempatan itu, M. Irfan mengingatkan, bagi masyarakat yang telah berumur 17 tahun pada hari pecoblosan (27 Juni 2018) dan atau sudah pernah kawin dan belum terdaftar sebagai pemilih, agar segera mendaftarkan diri ke PPS terdekat.

Sementara, ketua Panwaslih Kecamatan Kisaran Timur Husni Mustofa, S.Kom.I. yang juga sebagai narasumber mengajak masyarakat untuk ikut mengawasi jalannya proses Pilgubsu agar pemilihan dapat berhasil secara maksimal sesuai harapan masyarakat Sumatera Utara khususnya Asahan.

Mustofa berjanji, tidak akan mentolelir segala bentuk pelanggaran dalam Pilgubsu dan akan memproses dan menindaklanjuti semua pelanggaran hingga tuntas.

“Untuk itu, saya minta agar Bapak/ibu serta saudara tidak takut dan segan melaporkan segala bentuk pelanggaran kepada Panwas agar dapat diproses,” pinta Mustofa yang juga membidangi Divisi Pengawasan di wilayahnya.

Divisi Penangan Pelanggaran (PP) Panwaslihcam Kistim Fahrizal, S.H. dalam menyampaikan materinya mengatakan, akan tetap berkoodinasi dengan Divisi Pengawasan dan Panwaslih Kabupaten Asahan dalam menindaklanjuti jenis pelanggaran yang sampai pada kewenangannya.

Fahrizal menjelaskan, bahwa proses tindaklanjut pelanggaran mempunyai waktu yang singkat, sehingga pihaknya harus mengutamakan kecepatan dan ketepatan, sehingga keadilan dapat dirasakan masyarakat.

Mengakhiri pematerian acara tersebut, Divisi OSDM Panwaslihcam Kistim Yanto menyampaikan, bahwa kinerja Panwaslih adalah kolektif kolegial yang artinya segala keputusan, keberhasilan atau capaian merupakan kerja tim yang tidak terpisahkan satu dengan lainnya dari masing – masing divisi dan kesekretariatan.

Dia juga menjelaskan, bahwa dirinya juga tak terlepas dari tugas pengawasan yang sudah menjadi tugas melekat bagi seorang panwaslih.

Pada kesempatan itu, dia mengingatkan, masa depan Sumatera Utara ada pada masyarakat semua, untuk itu gunakan hak pilih dengan baik dan benar serta jeli dalam menentukan pilihan calon pemimpin di masa yang akan datang.

“Gunakan hak pilih anda dan tentukan pilihan anda, karena anda penentu nasib Sumatera Utara lima tahun mendatang,” katanya mengakhiri.

Acara diisi dengan sesi tanya jawab dari masyarakat yang ditujukan kepada pimpinan PPK dan Ketua Panwaslih Kabupaten Asahan.

Acara tersebut dihadiri Kapolsek Kota Kisaran, Camat Kisaran Timur, PPK, masyarakat di wilayah kecamatan Kisaran Timur yang mempunyai hak pilih terdiri dari pemilih pemula, pemilih potensial serta undangan lain. (FR)

Tinggalkan Balasan