PEDA KTNA Provinsi Sumatera Utara Ke IV Tahun 2019, Begini Harap Plt Bupati Asahan

Negaraonline.comSergai – Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi membuka secara langsung Pekan Daerah (PEDA) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tingkat Provinsi Sumut ke IV Tahun 2019, di Desa Melati II Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Selasa (16/7/19).

Pada acara tersebut turut hadir Gubernur Sumatera Utara Edy Ramayadi, Mewakili Kepala BP 2 SDMP Kementerian RI Sumardi, Ketua KTNA Nasional Winarno Thoir, Kepala OJK Regional V Yusuf Anshori, Plt Bupati Asahan H Surya BSc, Pimpinan OPD Provsu besarta Kabupaten/Kota, para peserta.

Acara yang akan berlangsung hingga 19 Juli 2019 ini mengusung tema “Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal Untuk Mewujudkan Kemandirian Pangan Berkelanjutan Menuju Sumatera Utara Yang Agraris dan Bermartabat”.

Dihadiri sedikitnya 1500 peserta yang terdiri atas para petani, nelayan, penyuluh, mahasiswa, peneliti, dari seluruh kabupaten/kota se-Sumut.

PEDA KTNA kali ini juga diisi dengan berbagai acara menarik, di antaranya pameran pertanian yang menyajikan 52 stan produk dari daerah kabupaten/kota Sumut. Ada juga rembuk kelompok KTNA, studi banding, festival seni budaya Sumut, kegiatan olahraga, cerdas cermat dan ramah tamah.

Pada kesempatan itu, Gubernur Edy Rahmayadi menegaskan, menjadikan Sumut yang agraris akan selalu menjadi prioritas utamanya, termasuk mensejahterakan kehidupan para petani dan nelayan. Untuk itu, berbagai strategi saat ini sedang disusun untuk menggenjot produksi pertanian Sumut.

“Selain itu, PEDA ini juga menjadi bentuk persiapan kita untuk mengikuti Pekan Nasional (Penas) XVI tahun 2020 di Padang. Semoga nantinya kontingen Sumut akan menjadi kontingen yang memperoleh penghargaan di acara Penas,” ujar nya.

Sementara itu, Bupati Serdang Bedagai Soekirman mengucapkan selamat datang kepada Gubernur dan rombongan, serta para peserta PEDA. Dirinya mengaku merasa terhormat daerahnya bisa menjadi lokasi pelaksanaan PEDA dan menerima peserta saat ini sebagian besar menetap di rumah warga.

Pembukaan PEDA ditandai dengan pemukulan gong oleh Gubernur Edy Rahmayadi. Kemudian dilakukan peninjauan beberapa stan produk pertanian dan pemberian penghargaan pada petani teladan, serta bantuan bagi kelompok tani dan nelayan.

Setelah berakhir nya acara, Plt.BUPATI ASAHAN meninjau langsung stan Kab.Asahan yang menampilkan hasil-hasil TANI unggulan seperti salak Air joman, Jambu madu, bawang merah, serta kerajinan tangan lain nya antara lain tas, dan bunga dari bahan daur ulang plastik, tanaman bunga cocopit, dan ikan asin serta olahan abon.

Plt. Bupati Asahan menyampaikan dengan ikut sertanya Kabupaten Asahan di PEDA KTNA agar dapat memperkenalkan produk-produk unggulan yang ada di Kabupaten Asahan sehingga dapat menjadi komoditi yang mempunyai harga jual tinggi dan memiliki banyak peminat di Sumatera Utara.(Bawadi)

Tinggalkan Balasan