Pemerintah Mengeluarkan PP No 24 Tentang Pendaftaran Tanah

Negaraonline.comAsahan – Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP diwakilkan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan, Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi membuka acara sosialisasi peraturan pertanahan tahun 2019 di aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (6/3/19).

Sosialisasi diikuti Kepala Seksi ( Kasi ) Pemerintahan dan Trantibum Kecamatan, Kasi/Kaur Kelurahan / Desa, Dinas PU PR, Dinas LH, Inspektorat, Dinas Perkim, Bagian Pemerintahan dan Bagian Hukum.

Narasumber Sekda dengan materi “kebijakan pemerintah dibidang pertanahan”. Ngadimin SSos MAP dari Pemprovsu dengan materi “norma, standar, prosedur, kriteria penyelesaian penanganan/konflik pertanahan. Abdul Rahman SH dan Saut Halomoan Simarmata SSIT MAP dari BPN Asahan dengan materi. “Kebijakan umum pemerintah dalam pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum”

Bupati Asahan dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Sekda mengatakan tanah merupakan sumber daya yang memiliki nilai keuntungan yang lebih bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan tanah sebagai media penghasil sumber daya alam seperti perkebunan, pertanian, peternakan dan lainnya.

Sementara jumlah tanah terbatas, namun kebutuhan atas tanah terus bertambah. Diatas tanah manusia mencari nafkah, membangun rumah, perkantoran dan lainnya. Tanah mengandung berbagai kekayaan yang dapat dimanfaatkan manusia.

Pemerintah telah mengeluarkan PP No 24 tentang pendaftaran tanah. Didalam UUD 1945 pasal 33 ayat 3 berbunyi ” bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar besarnya untuk kemakmuran rakyat”.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasanan Permukiman Asahan, M Azmy Ismail AP MSi dalam laporannya mengatakan tujuan sosialisasi adalah untuk menyamakan persepsi diantara peserta tentang peraturan pertanahan serta tata cara penanganan sengketa tanah. (Bawadi)

Tinggalkan Balasan