Pemkab Asahan Antisipasi Produk Mengandung Formalin Saat Ramadhan

www.negaraonline.com, Asahan – Pemkab Asahan akan melakukan pengawasan terhadap seluruh makanan yang diduga mengandung formalin, boraks dan zat pewarna tekstil, mengingat Bulan Ramadhan tingkat pembeli akan meningkat tinggi.

Adapun tujuannya untuk memperketat peredaran makanan dan minuman di Kota Kisaran, Kabupaten Asahan.

Hal ini dianggap serius, sehingga dibentuknya tim pengawasan terpadu bahan berbahaya yang mengawasi salahguna dalam pangan Kabupaten Asahan.

Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Asahan, Witoyo melalui Kabid Perdagangan, Emran menuturkan, langkah ini diambil dan tim telah terbentuk juga siap beraksi di pasar.

Ini bertujuan untuk mencegah masyarakat mengkonsumsi makanan dan minuman yang diduga mengandung bahan berbahaya.

” Apalagi di Bulan Ramadhan segala makanan dan minuman beredar luas untuk dijual ke masyarakat dan tingkat pembeli cukup tinggi,” sebut Emran, Sabtu (19/5/18).

Menurutnya, makanan mengadung bahan berbahaya tersebut tentunya membahayakan kesehatan masyarakat saat mengkonsumsinya.

” Hal ini yang tidak diinginkan pemerintahaan di Kabupaten Asahan, sehingga Bupati Taufan Gama Simatupang melalui dinas kami untuk segera memantaunya,” ujar Emran.

Kegiatan ini akan mulai berjalan pekan depan. Pihaknya akan mulai melakukan pengawasan dengan tim yang terdiri dari sejumlah pihak terkait.

Mulai dari Dinas Kesehatan (Dinkes), Satpol PP, Bagian Ekonomi dan lainnya yang berkompeten akan hal itu.
Kita berharap pedagang tidak ada melakukan kecurangan dalam berjualan.

Jika ditemukan pedagang yang membandel, maka harus diproses sesuai aturan. ” Ini tegas perintah Bupati karena tidak ingin keluar dari Asahan Sehat yang ada dalam visi misinya,” ungkap Emran.

Emran juga mengajak masyarakat agar sama-sama mengawasi dan melaporkan kepada pihaknya bila menemukan hal-hal tersebut.(FR)

Tinggalkan Balasan