Pemkab Asahan Berangkat 167 Pria Dan 234 Wanita Ketanah Suci

Negaraonline.comAsahan – Plt Bupati Asahan, H Surya BSc secara resmi manasik haji yang diselenggarakan selama 3 hari dengan tujuan menyediakan penyediaan semua peziarah dalam perjalanan haji di tanah suci Mekah. Jumat (5/7/19).

Kakakemenag Asahan, DR H Hayatsyah mempresentasikan jumlah jemaah Asahan sebanyak 1440 H / 2019 M sebanyak 401 orang (167 pria dan 234 wanita).

Keberangkatan gelombang 3 pada 13 Juli 2019 sebanyak 387 orang dan penerbangan ke-4 14 Juli 2019 sebanyak 14 dan kembali ke rumah dari 25 hingga 26 Agustus 2019.

Jamaah termuda Muhammad Diffa Akmal bin Kemaldin (19 tahun) dari Kecamatan Rahuning, jemaat tertua Nasril bin Dahlan Dulhamid (91 tahun) dari Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Ziarah Manasik yang diadakan selama 3 hari terkonsentrasi di bangunan tahfiz Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, Masjid Nurul Mukmin PT BSP Kisaran dan lapangan Hoki Kisaran.

” Jumlah calon jemaah haji Asahan berjumlah 403 orang, tetapi 2 gagal berangkat karena satu orang meninggal. dunia berasal dari Kecamatan Rawang Panca Arga dan 1 orang mengundurkan diri dari Kecamatan Pulau Rakyat, “kata Hayatsyah.

Plt Bupati Asahan H Surya BSc dalam arahannya mengatakan manasik haji adalah kegiatan rutin pemerintah Kabupaten Asahan sebagai bagian dari persiapan ziarah.

Manasik haji ditujukan pada calon jamaah haji yang memiliki ketentuan tentang pelaksanaan ibadah haji, dengan harapan agar ibadah berjalan dengan lancar dan benar sesuai dengan prinsip agama.

Haji Manasik juga memberikan ilmu dan keterampilan bagi para peziarah, baik menjelang keberangkatan, pada saat eksekusi untuk kembali ke rumah.

H Surya berharap semua jamaah haji untuk mengikuti bimbingan, membaca dan belajar, untuk mempelajari materi sehingga pengetahuan tentang haji terus tumbuh, sehingga para peziarah akan dihargai.

Kepada calon jamaah haji saya berharap saya dapat mengkondisikan diri saya untuk meningkatkan kesabaran dan dengan tulus bermaksud untuk menyingkirkan Allah SWT, disiplin mengatur waktu terbaik, berusaha menjaga kesehatan dengan menyesuaikan pola makan, minum dan istirahat yang cukup, kata H Surya.

Pada akhir acara Plt Bupati Asahan Asahan dan Sekretaris Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi membayar upah kepada para peziarah dan memberikan sarung. (Bawadi)

Tinggalkan Balasan