Pemkab Asahan Berkolaborasi Dengan PT. Syngenta

Negaraonline.comAsahan – Dalam memberikan perhatian penuh dan berpartisipasi mengangkat perekonomian masyarakat, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Kecamatan menyempatkan diri lakukan kerjasama dengan pihak swasta yang dianggap berkompeten.

Kecamatan Rawang Panca, berkolaborasi dengan PT. Syngenta mengadakan demontrasi peningkatan hasil padi, terkait Rice Contest atau perlombaan hasil padi yang diadakan di kolam pancing Kurtubi persisnya di depan pekan Senin Desa Rawang Lama, Jumat (1/2/19)

Camat Rawang Panca Arga, Rahmaddan Nasution, Sap, yang diwakili Sekretaris Camat (Sekcam), Abdul Kahar, Sag, mengatakan, dengan adanya Rice Contest ini untuk bentuk kemandirian petani dalam mensejahterakan hidupnya.

Dijelaskan Kahar, Kecamatan Rawang Panca Arga adalah lokasi sentra tanaman padi, untuk Kabupaten Asahan, dengan luas lahan musim tanam  November 2018 seluas 2787,57 Ha.

Rawang Panca Arga menyumbang ketahanan pangan di Kabupaten Asahan,” apalagi dengan adanya suplesi penambahan debit air dari Sei Silau ke sungai Bunut, maka luasan lahan padi semakin bertambah, sudah ada petani yang mengganti tanaman sawit menjadi lahan sawah,” ujar Kahar.

Harapan Kahar yang juga ikut sebagai peserta Rice Contest yang mengikuti perlombaan seluas 2 Ha,” agar panen yang di perkirakan pada pertengahan Februari hingga Maret 2019 untuk kawasan Rawang Panca Arga bisa mencapai hasil maksimal 10 ton/ Ha.” Sebutnya.

” Terima kasih kepada PT. Syngenta Dan seluruh petani yang telah berupaya menstimulan petani lainnya untuk meningkatkan hasil tanaman pangan. Upaya ini sangat sesuai dengan visi misi Bupati Asahan, mewujudkan masyarakat Asahan yg religius sehat cerdas dan mandiri,” Terang Kahar.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi petani yang rajin merawat padinya, berupa Hand sprayer electrical, dan sepatu booth, sebagai stimulan. (FR).

Tinggalkan Balasan