Pemkab Asahan Peringati HAN Dalam Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak

www.negaraonline.com, Asahan – Pemerintah Kabupaten Asahan peringati Hari Anak Nasional (HAN). Selain anak adalah merupakan amanah sekaligus karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, yang harus tetap dijaga karena dalam diri anak melekat harkat, martabat dan hak-hak sebagai manusia yang harus dijunjung tinggi.

Peringatan HAN tahun 2018 sebagai pengejawantahan Kepres RI nomor 44 tahun 1984 tanggal 19 Juli 1984, tentang Hari Anak Nasional dengan mengusung tema anak Indonesia anak GENIUS sebagai singkatan dari Anak Yang Gesit Empati Berani Unggul dan Sehat.

Maka untuk mengisi kegiatan Hari Anak Nasional, Pemerintah Kabupaten Asahan menyelenggarakan beberapa kegiatan lomba, seperti Lomba Balita Sehat, Balita menyusun Puzle, Balita bercerita, Balita menyanyi dan menari.

Baca juga : http://www.negaraonline.com/game-zone-sampai-kecamatan-simpang-empat-ketua-pmii-angkat-bicara

“Dimana tujuan perlombaan itu untuk menggali potensi anak-anak sekaligus untuk mengasah keberanian anak dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar, serta membina kepedulian terhadap sesama agar peka terhadap segala bahaya yang mengancam disekelilingnya,” sebut Wabup Surya.

Diperingatinya HAN dalam rangka meningkatkan peran anak sebagai pelopor dan pelapor dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Penyampaian tersebut dikemukakan Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP diwakili Wabup H Surya Bsc, Senin (19/11) digedung Serba Guna Kisaran.

Wabup mengatakan agar orangtua, keluarga dan masyarakat dapat bertanggung jawab untuk menjaga dan memelihara hak asasi sesuai dengan kewajiban yang dibebankan oleh hukum.

Sebab, Negara dan Pemerintah bertanggung jawab dalam penyelenggaraan perlindungan anak, baik dalam menyediakan fasilitas maupun aksesbilitas bagi anak, terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Melalui Peringatan ini saya ucapkan Selamat Hari Anak, semoga anak-anak di Indonesia pada umumnya dan khususnya anak-anak di Kabupaten Asahan dapat meningkatkan peran sebagai Pelopor dan Pelapor dalam pemenuhan hak dan Perlindungan anak,” ucap Wabup Surya.

Pada acara peringatan HAN tersebut dihadiri ribuan pelajar dari berbagai sekolah yang ada di Kabupaten Asahan, sekaligus penyerahan hadiah lomba oleh Wabup Surya dan Ketua TP PKK Ny. Hj Winda Fitrika Taufan Gama, kepada para anak-anak yang keluar sebagai pemenang lomba.

Sementara itu, Kepala Dinas DPPKBPPPA Asahan Drs Muhili Lubis, selaku panitia kegiatan mengatakan bahwa pelaksana HAN untuk meningkatkan peran swasta dan masyarakat bersama Pemerintah untuk menyelenggarakan pembinaan.

“Tidak hanya pembinaan, tapi juga pengembangan anak secara holistik, integratif dan berkesinambungan,” sebut Muhili.(FR)

Tinggalkan Balasan