Penanggung Jawab Pamang Sebut Seluruh Penambang Pasir Dikabupaten Asahan Tidak Memiliki Ijin

Negaraonline.com, Asahan – Tambang pasir diduga ilegal marak beroperasi di Desa Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane, bahkan diseluruh Kabupaten Asahan Provinsi Sumatera Utara.

Hal tersebut dikatakan Juni penanggung jawab tangkahan pasir yang dikenal milik Pamang di Dusun II Desa Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane.

Juni juga mengakui hasil tambang pasir dipasok ke perusahaan perealisasian tanggul di Desa Buntu Pane ,” kita akui Pasir juga kita pasok ke proyek tanggul  PT WIKA, melalui pabrik pengadaan Cor Beton PT ABC. Saya keberatan jika tambang pasir kami dikatakan tambang galin C tak berizin,” sebut Juni dengan nada keras kepada awak media. Kamis(8/8/19)

Lebih lanjut diterangkan Juni, setau saya hampir seluruh tambang pasir dan batu di Kabupaten Asahan tak memiliki izin. ” Lagi pula kegiatan kami ini membantu pemerintah dengan mengurangi debet pasir di Sungai, pendangkalan sungai dapat dicegah dengan kita menyedot pasir,” kata kata pria yang mengaku penanggung jawab usaha galian C di kawasan ram Sawit.

” Kalian jangan cek kemari aja, seluruh penambang pasir di Kabupaten Asahan tidak memilik ijin.” Tuding Juni dengan menjelaskan curat marut tentang penguruskan ijin galian pasir di Kabupaten Asahan.

Amatan awak media ini bersama tim, disejumlah tambang pasir yang beroperasi dipinggir jalan penghubung Asahan – Simalungun persis bertempat tak jauh dari Mapolsek Prapat Janji tidak dapat menunjukkan berkas galian C.

Hal senada juga dikatakan Ruslan Sitorus Camat Buntu Pane saat dikonfirmasi awak media dan LSM di Kantor Camat Buntu Pane .Mengakui tak satu pun pengusaha galian pasir memiliki rekomendasi izin.

Camat Buntu Pane mengutuk keras kegiatan ilegal dikecamatannya ” tak pernah izin galian pasir saya tanda tangani, memang agak membandel pengusaha tambang ini untuk menghentikan kegiatan mereka melalui surat resmi Camat,” ujar Ruslan

 

Terpisah kariawan PT WIKA saat dikonfirmasi dikantornya di Jalan Singa Mangaraja mengaku tak tau menau tentang izin tambang pasir untuk maretial cor beton untuk pembentengan tanggul sungai ” semua kegiatan pemasokan material kita serahkan ke Subcon”, kata Dian Kariawan PT Wika.(Bawadi).

 

 

Tinggalkan Balasan