Perbup Fasilitas Penyusunan APB Desa Disosialisasikan

www.negaraonline.com, Samosir – Sosialisasi fasilitasi penyusunan APBDes dilaksanakan di Wisma AE. Manihuruk Kecamatan Pangururan, Jumat (16/03/18).

Bupati Samosir Drs. Rapidin Simbolon, MM membuka secara resmi acara tersebut.

Turut hadir Kepala Inspektur Daerah Drs. Waston Simbolon, MM, Kadis Pemberdayaan Perempuan, Anak, Masyarakat dan Desa Rawati Simbolon, S.Pd, MM, Asisten Tata Praja dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Mangihut Sinaga, MM, Kabag Humas Siswanto Sinambela, SH, ME, Camat Pangururan Krimson Malau, Camat Ronggur Nihuta Sitor Silalahi, S.Pd dan Kabid Pemerintahan Desa Dinas PP AMD Jonni Sitanggang, SE.

Peserta terdiri dari para Kepala Desa, Sekretaris Desa, Bendahara Desa, Ketua BPD dan Ketua Tim Pelaksana Kegiatan Desa ( TPKD) se-Kecamatan Pangururan dan Ronggur Nihuta.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut untuk mensosialisasikan Peraturan Bupati Samosir Nomor 15, 16 dan 17 masing-masing Tahun 2018 tentang tata cara pembagian dan penetapan rincian dana desa, petunjuk teknis pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa, serta tata cara pembagian dan penetapan alokasi dana desa Tahun 2018, mensosialisasikan regulasi yang bersinergi langsung dalam mendukung kelancaran pelaksanaan dana desa dan alokasi dana desa dilapangan dari masing-masing organisasi perangkat daerah serta BUMN terkait serta memfasilitasi aparatur desa dalam hal penyusunan APBDes TA 2018.

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan antara lain, APBDes disusun harus berdasarkan RPJM Desa yang mengacu pada RPJMD Kabupaten, APBDes paling lambat disampaikan 3 hari setelah sosialisasi dan fasilitasi, penyampaian SPJ kegiatan paling lama 1 minggu setelah kegiatan selesai, setiap desa harus membentuk Bumdes minimal 1/desa untuk percepatan peningkatan perekonomian masyarakat, untuk memperlancar komunikasi masyarakat dengan pemerintah dan pihak terkait perlu diusahakan jaringan internet di desa, kepala desa dan perangkat desa dalam hal memilih penyusunan RAB harus yang profesional dan berdomisili di desa, SPJ harus sampai kepada Bupati melalui dinas PP AMD, pembangunan fisik supaya dilaksanakan dengan swakelola menggunakan bahan material lokal dan masyarakat desa yang muaranya menuntaskan kemiskinan, Kepala desa harus berkerja dengan baik dan sungguh-sungguh, harus cepat respon terhadap pembangunan di desanya dan terhadap masyarakatnya, kepala desa harus dapat menjadi panutan di desanya.

Kegiatan yang sama akan dilaksanakan di Kecamatan Simanindo (20/03), Kecamatan Palipi dan Sitio-tio (22/03), Kecamatan Nainggolan dan Onan Runggu (26/03) serta di Kecamatan Sianjur Mulamula dan Harian (28/03/18) (Parlindungan)

Tinggalkan Balasan