Plt Bupati Asahan : Pancasila Sebagai Dasar Negara, Idiologi Negara Dan Pandangan Hidup Bangsa

Negaraonline.com, Asahan – Plt Bupati Asahan, H Surya BSc sebagai inspektur upacara pada peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni, dihalaman Kantor Bupati Asahan, Sabtu (1/6/19).

Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Hariyono dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Plt Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan Pancasila mampu menyatukan kita sebagai satu bangsa dan hidup dalam NKRI, yakni Bhinneka Tunggal Ika.

Pancasila sebagai dasar negara, idiologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh pendiri bangsa merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus diperjuangkan. Pancasila harus tertanam dalam hati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sesuai pesan Presiden RI, Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa yang beragam dapat bersatu. Kita jangan pernah melupakan sejarah seperti yang disampaikan Bung Karno “jas merah”.

Kelahiran Pancasila tidak dapat terpisahkan dari “Piagam Jakarta” oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam pembukaan UUD 1945 oleh PPKI tanggal 18 Agustus 1945.

Dalam kesempatan tersebut, Pemkab Asahan menyerahkan bantuan kepada PNS yang pensiun yakni Drs Isa Harahap MSi, Paimin, Safrida Wahyuni, Alimah dan Nurainun.

Upacara dihari Plt Bupati Asahan, H Surya BSc, Sekda Taufik Zainal Abidin Siregar SSos MSi, Forkopimda, para Asisten, para Staf Ahli, OPD, Kabag, Camat dan ratusan ASN. (Bawadi)

 

Tinggalkan Balasan