Polres Tanah Karo Musnahkan 302 Kg Ganja Kering

www.negaraonline.com, Tanah Karo – Polres Tanah Karo melalui Sat Narkoba memusnahkan 302 Kg barang bukti narkoba jenis ganja di halaman Mapolres setempat, Rabu (17/10).

Kasat Narkoba, AKP Sopar Budiman mengatakan barang haram tersebut merupakan hasil sitaan dari dua kasus yang berhasil diungkap. Barang bukti tersebut merupakan salah satu tangkapan terbesar Sat Narkoba dalam beberapa bulan terakhir.

Salah satunya dari kurir yang kita tangkap pada Rabu (05/09) yang akan mengirim ganja tersebut ke daerah Jakarta, dengan total 298 kilogram. Mereka menutupi keranjang kirim berisi buah jeruk untuk mengelabui petugas, ujar Sopar.

Jika diuangkan total dari penjualan narkotika tersebut sejumlah Rp 1,5 Miliar. Para tersangka akan dikenakan pasal 111 ayat 2 dan pasal 114 ayat 2, UU no 35 tahun 2009 dengan ancaman maksimal hukuman mati atau penjara seumur hidup.

Menanggapi masih banyaknya peredaran narkoba terutama di wilayah Tanah Karo, Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny R Hutajulu, mengungkapkan saat ini Indonesia sudah darurat narkoba, sehingga diperlukan seluruh elemen masyarakat agar dapat berkomitmen dan bersinergi dalam memerangi dan memberantas peredaran gelap narkoba.

Narkoba merupakan salah satu cara melemahkan generasi muda. Terlebih, pada tahun 2045 mendatang, Indonesia akan dicanangkan menjadi macan Asia yang baru.

Ini banyak upaya negara lain untuk melemahkan kita, dengan cara mempengaruhi generasi muda kita untuk menggunakan narkoba. Itulah yang mengancam bangsa Indonesia yang dikatakan proksi war, ujar Kapolres.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH mengatakan Pemkab sangat mengapresiasi pemusnahan daun ganja kering ini. Karena menurutnya penanganan terhadap kejahatan harus dilakukan secara transparan, baik saat penangkapan, maupun pemusnahan barang bukti seperti saat ini.

Dengan disaksikan para stakeholder ketika pemusnahan, ini memastikan jika barang bukti yang didapat sudah tidak ada lagi.

Bupati mengaku sangat prihatin terhadap masyarakatnya yang masih berurusan dengan barang haram tersebut. Pada kesempatan itu, Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat agar terus menjauhi narkoba, karena lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Biarpun tidak bisa langsung hilang, minimal terus dikurangi berhadapan dengan narkoba ini. Pelan-pelan hari demi hari pasti kita bisa menghilangkan narkoba dari negeri kita ini, ujar Bupati.

Selain Bupati dan Kapolres, pemusnahan juga disaksikan perwakilan DPRD Karo, PN Karo, BNN, Karutan Kelas II Karo Joi Barasa, Direktur RSU Kaban Jahe Dr Arjuna Wijaya, Kejaksaan, Kepala Dinas Kesehatan dan undangan lainnya (Daris Kaban).

Tinggalkan Balasan