PPID Harus Tahu Teknis Pelaksanaan UU No 14 Tahun 2008 Tentang KIP

Negaraonline.comAsahan – Dalam kehidupan sehari-hari manusia didominasi peralatan elektronik seperti aktivitas dirumah diantaranya AC, TV, HP, dibidang kesehatan diantaranya radiologi, dibidang perkantoran diantaranya komputer, laptop, CCTV dan lainnya yang seluruhnya menggunakan teknologi. Rabu (13/2/19).

Hal tersebut dikatakan Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP melalui Asisten II Ekbang, Drs Jhon Hardi Nasution MSi. John saat membacakan pidato tertulis Bupati Asahan.

Lebih lanjut dalam pidato Bupati Asahan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini sangat pesat terutama perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan perubahan dan kemudahan dalam kehidupan manusia.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kabupaten Asahan mengikuti sosialisasi Undang Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di aula Melati Kantor Bupati Asahan.

” Pejabat yang ditunjuk sebagai PPID pembantu adalah para Sekretaris OPD, Kabag, Kasubag dan Sekcam. Jadi para PPID harus tahu teknis pelaksanaan UU No 14 tahun 2008 tentang KIP. Ini selaras dengan visi misi Pemkab Asahan yakni terwujudnya masyarakat Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri,” terang John.

Pemerintah Pusat dengan mengeluarkan UU No 14 tahun 2008 tentang KIP. Untuk menjabarkan UU tersebut, Pemkab Asahan mengeluarkan Keputusan Bupati No 283-Kominfo-2017 tentang penetapan PPID, dimana ditetapkan 1 orang pejabat sebagai PPID utama dibantu seluruh OPD dan kecamatan.

Terlebih dalam mendapatkan informasi dan melakukan komunikasi dapat dilakukan dimana pun tanpa dibatasi oleh tempat dan waktu, sehingga informasi dapat diperoleh dengan cepat dan mudah. Ini menunjukkan bahwa perkembangan industri tehnologi informasi saat ini sangat dinamis dan kompleks.

” Untuk itu kita harus mampu mengantisipasi dan memahami kemajuan ini agar keberadaan teknologi yang canggih dapat dipergunakan untuk membangun potensi yang sesuai dalam diri maupun dalam organisasi tempat kita bertugas.” Kata Jhon.

Sejalan dengan hal itu, pemerintah harus dapat berpartisipasi dalam mempergunakan tekhnologi seperti penggunaan internet sebagai salah satu sarana dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat serta menjalin silaturahmi antara pemerintah dengan masyarakat.

Sejalan dengan perkembangan zaman segala informasi dapat diakses dimana pun dan hasilnya adalah adanya informasi yang terbuka dan dapat diketahui oleh siapa saja yang membutuhkan.

Narasumber Iwan Sutani Siregar SSTP MSi dari Diskominfo Pemprovsu dengan judul materi Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan Kadis Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi dengan judul penguatan kinerja PPID. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber(FR)

Tinggalkan Balasan