Program Rastra Diganti Menjadi BPNT

www.negaraonline.com, Asahan – Untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, Pemerintah melalui Kementerian Sosial menyalurkan berbagai bantuan diantaranya Beras Sejahtera (Rastra).

Tapi sejak pertengahan tahun 2018, program rasta diganti menjadi Bantuan Pemerintah Non Tunai (BPNT).

Menindaklanjuti program Kementerian Sosial RI tersebut, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Sosial melaunching BPNT diwarung warung agen brilling se Asahan, demikian dikatakan Kadis Sosial, H Supriyanto MPd. Jumat (25/5/18).

Program e-warung yang akan kita laksanakan merupakan Kabupaten pertama di Propinsi Sumatera Utara yang siap lounching program Kementerian Sosial.

BPNT merupakan kartu kombo yang dapat ditukar di e-warung yang bekerjasama dengan Bank Republik Indonesia (BRI) dengan dana sebesar Rp 110.000 setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Di Asahan ada 40.307 KPM dan akan disalurkan secara bertahap hingga seluruhnya kebagian. Penerima Program Keluarga Harapan (PHK) secara otomatis akan mendapat BPNT.

“Penyerahan dan penggunaan BPNT akan diawasi Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan setiap Kecamatan ada 1 orang,” ujar Supriyanto.

Aulia Fauji selaku funding officer BRI Kisaran yang menangani penggunaan mesin EDC mengatakan BPNT hanya dapat dibelanjakan beras dan telur dan tidak dapat diuangkan.

Ada 422 agen brilling yang tersebar di 25 Kecamatan (177 desa, 27 kelurahan) se Asahan.

“Satu agen brilling hanya mampu melayani 250 BPNT. Alat EDC disediakan BRI, bagi penerima BPNT tidak dipungut biaya alias gratis, bila mesin EDC rusak akan diganti BRI,” ujar Aulia.

Alamsah Hutabarat salah satu e-warung di jalan Delima Sentang mengaku sejak Sabtu hingga hari Minggu ini telah melayani ratusan penerima BPNT.

Puluhan ibu ibu mengucapkan syukur alhamdulillah di bulan ramadhan mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa beras 10 kg dan 4 butir telur. Namun Alamsah dan keluarga sepakat bagi yang bertransaksi ditempatnya akan ditambah 3 butir telur sebagai sedekah dibulan ramadhan.(FR)

Tinggalkan Balasan