Sampah Masih Berserakan Dipinggir Jalan

Tanjungbalai, Negara Online – Sejumlah pengguna jalan mengeluhkan bau menyengat dari tumpukan sampah di beberapa inti kota, salah satunya adalah dipinggir jalan Sutomo, Kelurahan Tanjungbalai Kota I, Kecamatan Tanjungbalai Selatan Kota Tanjungbalai. Hingga sampai pukul 14.00 sampah menumpuk tersebut belum juga diangkat.

Intruksi dari Walikota Tanjungbalai H M Syahrial SH MH beberapa waktu lalu, yang mengatakan bahwa, seluruh petugas penyapu jalan, jam delapan pagi (8.00 Wib) sampah sudah tidak ada lagi berserakan dijalanan, namun kenyataan yang terjadi masih banyak terlihat sampai berserakan,’dimungkinkan intruksi dari Walikota tidak di indahkan’.

Hal ini dikatakan Ketua Persatuan wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kota Tanjungbalai Yusman, Senin (27/11), ditemui disebuah warung kopi jalan Sutomo. Dikatakannya, HM Syahrial SH MH sebagai Walikota termuda yang penuh enerjik pernah mengunjungi Dinas Kebersihan secara mendadak dan meminta tidak ada pengkotakan didinas tersebut.

Semua ini dilakukan Pimpinan tertinggi dikota Tanjungbalai kata Yusman lagi, agar Kota Kerang yang kita cintai ini, benar benar bersih dan kembali mendapat Piala Adipura kencana sesuai Visi Misi Walikota menjadikan” Tanjungbalai Kota Bersih, Berprestasi, Sejahtera, Indah Harmonis dan Religius “, Ungkap Yusman.

Ia mengaku, tumpukan sampah tersebut berasal dari warga yang membuang sampah sembarangan di sana. Sampah yang dibuang ada yang menggunakan karung, kantung plastik ada juga yang bercecer, aneka sampah organik dan anorganik bercampur sulit dipilah.

“Bangkai tikus dan sisa daging dibuang sembarangan dilokasi tersebut. Tak heran bila muncul bau menyengat. Lalat hijau beterbangan diatas tumpukan sampah, suaranya bergemuruh, apalagi usai hujan turun lalat semakin banyak yang terkadang menempel di baju manakala melintas dengan berjalan kaki “. Ungkapnya mengakhiri.

Kondisi sampah seperti ini ada dua titik terjadi di inti kota, yaitu jalan Cokro Aminoto dan Sutomo Kecamatan Tanjungbalai Selatan,”Sampah tersebut bahkan tumpah ke jalan karena dibuang asal-asalan hingga ada terlindas ban kendaraan,” Cetus Yusman mengakhiri komentarnya.

Sementara Eka warga pejalan kaki mengatakan, kondisi sampah seperti itu sudah berlangsung seminggu yang lalu, banyak masyarakat yang membuang sampah ke pinggir jalan yang letaknya tidak jauh dari Kantor Grafari Telkomsel, ” Tak heran bila bau sampah tercium hingga ke rumah warga “, Ucapnya.

Ditambahkannya, butuh kepedulian semua pihak agar warga tidak membuang sampah sembarangan termasuk ketegasan Pemerintah Kota Tanjungbalai untuk memberikan sanksi tegas bagi yang membuang sampah sembarangan.

“Termasuk memberikan Sosisalisasi penerangan mengenai dampak yang akan ditimbulkan dari keberadaan sampah tersebut,”Pungkasnya menutup. (Irawan)

Tinggalkan Balasan